SM Swalayan Rugi Rp 1 M

Jumat, 15 Oktober 2010

Akibat Kebakaran

LUBUKLINGGAU–Akibat kebakaran di lantai tiga SM Swalayan di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Dempo, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Selasa (12/10) lalu, pusat berbelanjaan terbesar di Kota Lubuklinggau merugi hingga Rp 1 miliar. Betapa tidak, jaringan komputer dan barang berharga lainnya ludes terbakar.“Ya, kerugiannya sekitar Rp 1 Miliar,” ucap Pimpinan SM Swalayan Group, Hindra Sumarjono kepada wartawan koran ini disela-sela olah TKP tim Labfor Mabes Polri Cabang Polda Sumsel.
Pasca kebakaran, menurut Hindra Sumarjono, sempat mengganggu aktivitas khusunya penerimaan barang. Namun demikian, kata dia, petugas cukup sigap mengatasi masalah itu sehingga sekarang proses perbelanjaan dan penerimaan barang berlangsung lancar. “Kami secara bertahap akan melengkapi peralatan dan pemasangan CCTV-nya,” ujarnya.
Lanjut dia, jaringan CCTV dipasang di SM Swalayan cukup layak pakai. “Kami menggunakan kabel 1,5 milimeter untuk CCTV dan baru 1,5 tahun dipasang. Jadi, kondisinya masih layak pakai meski dihidupkan selama 24 jam,” jelasnya.
Dugaan sementara, sambung dia, kebakaran itu disebabkan konsleting listrik, karena ruangan yang terbakar steril selain petugas. “Saya rasa konsleting listrik tetapi kami ingin tahu secara persis penyebabnya. Untuk itu dilaksanakan olah TKP dari Labfor Polda Sumsel,” tambahnya.
Sementara itu, sekitar pukul 09.00 WIB, tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Polda Sumsel melakukan olah TKP. Tim itu dipimpin Kompol Fauzi Hidayat bersama AKP Kadafi Ihtisan, AKP Reza Candra Jaya dan PNS, Ari Setiawati.
Mereka mengambil sampel yang diperkirakan pusat muncul api. Sampel itu berupa data recorder CCTV, kabel dan abu arang.
“Kami akan mendalami penelitian terhadap sampel ke Lafbor. Saat ini kami hanya mengambil sampel di pusat lokasi kebakaran,” jelas Fauzi didampingi Kasat Reskrim Polres Lubuklinggau, AKP Jonson Nadapdap dan Ipda Forliamzons.
Lanjut dia, pihaknya akan berusaha secepatnya meneliti sampel tersebut sehingga penyebab kebakaran dapat diketahui secara persis. “Kami tidak bisa menduga-duga namun kami harus mengecek ke Labfor,” ujarnya.
Sebagaimana diketahui, lantai tiga SM Swalayan di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Dempo, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Selasa (12/10) sekitar pukul 22.30 WIB dilalap si jago merah. Insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja gudang terletak di lantai tiga Swalayan SM, berisi mie instan, minuman sarang burung walet, telor ayam, gula dan beras ikut ludes terbakar.(08)


    ShoutMix chat widget