Banyak Bangunan Belum Miliki SLO

Jumat, 15 Oktober 2010

LUBUKLINGGAU–Kesadaran masyarakat akan pentinnya instalasi listrik memenuhi Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2000) di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas (Mura), masih kurang. Terbukti dari sekian banyak bangunan swasta, hanya instalasi listrik Bank Central Asia (BCA) Cabang Lubuklinggau memenuhi PUIL 2000, dengan dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (KONSUIL). “Sampai hari ini (Kamis,14/19) bangunan swasta yang memiliki sertifikat dari Konsuil hanya BCA.
Sementara untuk perkantoran di Kota Lubuklinggau hanya delapan persen instalasinya sesuai stantar dan Kabupaten Mura sekitar tiga persen,” ungkap Ekiansyah, Ketua Konsuil Lubuklinggau-Mura kepada wartawan koran ini, Kamis (14/10).
Dikatakan Ekiansyah, setiap orang akan selalu mengharapkan kenyamanan dan keselamatan dalam memanfaatkan energi listrik. Instalasi listrik di rumah, perkantoran dan fasilitas umum seharusnya direncanakan dan dipasang oleh petugas Biro Teknik Listrik (Instalatir) yang resmi dan mempunyai sertifikat kompentensi di bidangnya.
Selain itu kata dia, kecenderungan calon pelanggan adalah memasang IML yang murah dan menggunakan barang-barang listrik yang murahan, serta pemasangan yang tidak memenuhi, apalagi bila dipasang oleh petugas yang bukan dari BTL.
Ditambahkan Ekiansyah, pihanya memberikan layanan pemeriksaan instalasi listrik konsumen tegangan rendah agar sesuai dengan standar, demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan konsumen. Instalasi listrik harus memenuhi syarat PUIL 2000, antara lain, material dipasang berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia), jenis dan ukuran material yang dipakai sesuai dengan peruntukan. Selanjutnya Cara pemasangan mengikuti ketentuan yang berlaku serta dilengkapi dengan gambar.
“Bila syarat-syarat tersebut dipenuhi, KONSUIL akan menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) sebagai syarat penyambungan ke jaringan listrik umum (PLN),” terangnya.
Sejauh ini, dikatakan Ekiansyah, masih banyak masyarakat yang awam mengenai standar instalasi listrik. Kebanyakan instalasi listrik yang terpasang tidak sesuai dengan standar keselamatan sehingga akan membehayakan bagi penguna energi listrik. “Jika suatu bangunan sudah memiliki SLO yang dikeluarkan Konsuil, akan meminimalisir terjadinya kebekaran akibat konsleting listrik,” imbuhnya. (03)


    ShoutMix chat widget