Petani Kopi Tewas Dibantai Kakak Ipar

Sabtu, 23 Oktober 2010

CURUP–Tragis nasib dialami Sugiono (35), warga Talang Ulu Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong. Petani kopi ini ditemukan tewas dengan luka bacok dibagian kepala, luka tusuk dipunggung dan luka memar-memar dibagian leher dan punggung. Diduga pelakunya berinisial Rm (40) kakak ipar korban. Mayat korban ditemukan warga di kebun kopi milik orang tuanya di Kelurahan Pemiri, Kecamatan Selupu, Kabupaten Rejang Lebong, Jumat (22/10) sekitar pukul 14.45 WIB. Dugaan sementara motif kejadian akibat adanya perebutan garapan kebun kopi milik orang tua korban atau tersangka.
Data dihimpun koran ini menceritakan, kronologis kejadian bermula saat korban mendatangi tersangka RM di kebun kopi yang menjadi sengketa. Awalnya, kebun kopi tersebut dibagi menjadi dua petak, sebagian sudah dirawat dan sudah menghasilkan kopi, sementara sebagian masih penuh rumput dan tidak terurus. “Siapa saja yang mengurus silahkan mengambil hasilnya, karena tanah tersebut tidak boleh dijual. Korban mengurus kebun itu sudah lama hingga sekarang bersih dan menunggu hasilnya,” kata salah seorang keluarga korban yang enggan disebutkan namanya.
Setelah dirawat oleh korban, tiba-tiba tersangka RM berniat mengurus kebun tersebut untuk diambil hasilnya. Karena merasa telah membersihkan, korban tidak terima dan terjadilah adu mulut hingga berujung berkelahian sengit dan menewaskan korban.
Petugas kepolisian mendapat laporan kejadian langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan meminta keterangan warga. Usai melakukan olah TKP petugas bertemu dengan tersangka saat dalam perjalanan pulang dan langsung melakukan penangkapan.
Kapolres Rejang lebong AKBP Umar Said melalui Kapolsek Curup Takat Parmo, membenarkan kejadian tersebut. Dikatakannya, belum diketahui persis sebab terjadinya pembunuhan, namun pelaku sudah diamankan di Mapolsek Curp guna kepentingan penyidikan. “Pelaku sudah diamankan dan saat ini kita masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui motif sebenarnya,” kata Kapolsek.
Setelah dilakukan visum di RSUD Curup, korban langsung dibawa ke rumah duka di Kelurahan Talang Ulu, Curup Timur untuk dimakamkan di TPU setempat.(09)


    ShoutMix chat widget