CURUP– Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Rejang Lebong terpilih, Suherman-Slamet Diono hari ini, (Jumat,17/9) bakal mendapat pengamaan ekstra ketat. Selain aparat kepolisian, pengamanan  juga akan dilakukan personil dari TNI dari Batallyon 144 Jaya Yuda dan Kodim 0409 Rejang Lebong serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP). Pelantikan rencanannya akan digelar di ruang paripurna DPRD Rejang Lebong sekitar pukul 09.00 WIB oleh Gubernur Bengkulu, Agustrin dihadiri pejabat pusat.
Dandim 0409 Rejang Lebong, Bedali Harefa pada koran ini, Kamis (16/9) mengatakan, pihaknya akan menurunkan dua Satuan Setingkat Kompi (SKK) dari Batalyon 144 Jaya Yuda dan Kodim 0409 Rejang Lebong. “Satu SSK pasukan berjumlah 100 orang dari Batalyon bersenjata lengkap dan dan satu lagi dari Kodim 0409,” katanya.
Tehnis pengamanan dilapangan lanjut Dandim, satu SSK nantinya disiagakan pada ring tiga dan satu SSK berbaur dengan aparat kepolisian Polres Rejang Lebong.
Ia optimis pengamanan dari aparat kepolisian, Brimob dan pasukan pengamanan lainnya dibantu aparat TNI akan membuat pelantikan Bupati dan Wabup Rejang Lebong terpilih berjalan tertib lancar.
“Harapan kami pelantikan Bupati dan Wabup Rejang Lebong terpilih akan berjalan dengan sukses,”harapnya.

Sementara selain aparat keamanan dari Polri,TNI, Satpol PP saat pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wabup Rejang Lebong terpilih nanti juga disiagakan anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Curup.
“Kita siapkan 20 personel yang stanby di lokasi pelantikan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita juga mempersiapkan alat-alat lengkap untuk pertolongan pertama jika ada yang sakit nantinya,” kata Koordinator PMI cabang Curup, Rudi.

Selain itu, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Rejang Lebong juga membantu dengan menyiapkan tujuh mobil ambulan yang disebar dilokasi pelantikan.

Pelantikan Bupati dan Wabup Rejang Lebong ini rencanannya bakal dihadiri anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPDRI), Bambang Soeroso dan Mahyudin Sobri.
“Rencananya mereka (anggota DPD) bakal hadir dalam pelantikan besok (hari ini,red), tapi belum bisa dipastikan bakal hadir apa tidak, kita belum menghubungi lagi,”kata Sekwan DPRD Rejang Lebong, Suwardi Latif, Kamis (16/9) di gedung DPRD saat mengikuti Gladi Resik.

Ia juga mengatakan dari sekitar 20 undangan yang disampaikan ke pusat diantaranya DPR RI, Mendagri, Mahkamah Konstitusi, dan Komnas HAM sudah ada beberapa orang yang telah sampai ke Bengkulu.

Informasi terakhir sudah ada tamu undangan dari pusat tiba, namun ia belum mengetahui secara pasti siapa-siapa yang akan hadir.
“Setahu saya yang dari KomnasHAM juga sudah hadir,”katanya.

Selain itu, kata Sekwan, undangan yang bakal hadir bakal melebihi undangan yang disampaikan. Dari 1.000 undangan yang disebar otomatis para istri-istri undangan ikut hadir. undangan yang telah disebar diantaranya disampaikan ke Kepala Daerah di Provinsi Bengkulu bersama unsur Muspida, dan Kepala Daerah kabupaten tetangga lainya.
“Kalau perkiraan saya dari sekitar 1.000 undangan, 1.500 lebih bakal hadir,”ujarnya.


Pantauan di lapangan saat gladi resik kemarin, dihadiri Bupati dan Wabup Rejang Lebong terpilih Suherman-Slamet Diono, Plh Bupati Rejang Lebong, Tarmizi Ussuludin, wakil ketua DPRD Rejang Lebong, Suwardi DS.

Selain itu, gladi resik juga diikuti ratusan personil pengamanan baik anggta Polres dan Brimob Rejang Lebong, Brimob Bengkulu dan TNI. Terlihat juga kendaraan Water Canon disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi aksi anarkis oknum yang ingin menggagalkan pelantikan.

Ruang paripurna DPRD Rejang Lebong rencannya akan disterilkan sejak pukul 00.00 WIB. Selain itu beberapa personil akan disiagakan sejak pukul 01.00 WIB hingga berlangsugnya pelantikan. (09)


    ShoutMix chat widget