SMA PGRI I Juara Umum Lomba Dayung

Senin, 09 Agustus 2010

Tim Solid Jadi Penentu Keberhasilan

Prestasi siswa siswi SMA PGRI I Lubuklinggau pantas disanjung. Mereka berhasil menjadi juara umum lomba dayung tingkat SMA sederajat se-Kota Lubuklinggau. Berikut laporannya.

Leo Mura, Lubuklinggau

TERUS maju untuk berjuang selalu tertanam dalam diri peserta lomba dayung tingkat SMA sederajat. Kendati semangat itu kian menggebu hingga berhasil, akhirnya kedua tim lomba dayung SMA PGRI I Lubuklinggau meraih juara umum pada lomba tersebut.

“Sebelumnya tim dayung ini telah ditargetkan menjadi juara umum. Bahkan sebelum mengikuti lomba itu kami telah melakukan latihan selama tiga hari terhitung sejak Selasa (3/8) hingga Kamis (5/8),” kata Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA PGRI I Lubuklinggau, Fahrul Rozi kepada wartawan koran di SMA PGRI I, Sabtu (7/8).

Lalu, bagaimana triknya meraih prestasi prestasi itu? Ternyata prestasi semacam ini jarang didapat para siswa. Sebab pada lomba dayung itu butuh trik atau strategi khusus kendati lomba dayung merupakan lomba yang membutuhkan kerjasama yang baik. “Utamakan tim yang solid dan kita arahkan anak agar tidak sampai keluar jalur. Sebab dalam lomba dayung menggunakan sistem diskualifikasi (Gugur, red). Sehingga peserta dituntut tetap dalam jalur lomba dayung sebab jika mereka keluar jalur mereka di dis dan tidak dapat mengikuti lomba itu lagi,” jelas Fahrul Rozi.

Ia mengaku pada lomba dayung berlangsung pihaknya selalu memberi instruksi kepada peserta di depan dan belakang. Selain untuk mengarahkan lajunya perahu agar tetap di arah yang tepat maka peserta di belakang dan depan merupakan kekuatan pada lomba itu.

“Dalam satu tim lomba itu ada lima orang. Jadi untuk peserta yang di tengah perahu itu dalam penentu kecepatan lajunya perahu. Pada lomba itu, SMA PGRI Lubuklinggau mengirim dua tim, satu tim putri dan satu tim putra. Alhamdulillah, kedua tim itu mampu menduduki juara satu pada lomba tersebut, dan akhirnya kita mampu menorehkan juara umum se-Kota Lubuklinggau pada perlombaan tersebut,” tutur Fahrul Rozi dengan nada senang.

Kemenangan lomba dayung tingkat SMA sederajat 2010/2011 dapat mengharumkan dan menjadi icon SMA PGRI I Lubuklinggau. “Kita berupaya tahun depan prestasi ini dapat dipertahankan. Sebab mempertahankan prestasi itu tidak gampang karena itu saya berharap kepada siswa untuk dapat mempertahankan prestasi ini,” harap pria berperawakan kecil ini.
Keberhasilan ini, lanjut dia, tidak luput dari dukungan dan motivasi serta bimbingan dan arahan dari kepala SMA PGRI I Lubuklinggau, Nur Elly.
Untuk itu, peran siswa dan OSIS serta kasek sangat mendukung keberhasilan tersebut. “Sehingga tahun 2010/2011 ini, kami mampu meraih juara umum pada lomba dayung tingkat SMA sederajat. Harapan agar tetap dapat mempertahankan tropi bergilir,” harap Fahrul Rozi.(*)


    ShoutMix chat widget