FOKSIS Mengadakan AKAS 2010

Rabu, 25 Agustus 2010

LUBUKLINGGAU-Untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah, Forum Kajian dan Syiar Islam Sekolah (FOKSIS) Kota Lubuklinggau, akan mengadakan Ajang Kreasi Anak-Anak Sekolah (AKAS). Kegiatan ini akan dijadikan kegiatan rutin sebagai agenda utama di bulan Ramadhan.

Penyelenggaraan AKAS sebagai agenda dari Program Syiar bertujuan untuk memuliakan serta memeriahkan Ramadhan. Selain itu FOKSIS berniat memberikan bekal dalam menjalankan ibadah Ramadhan,dan menumbuhkan motivasi santri dalam mempelajari ajaran Islam dan mengembangkan kretifitas positif setiap anak sekolah. Oleh sebab itu berbagai kegiatan dikemas dalam satu paket acara itu, seperti  GEMA Ramadhan (GEMAR) `431 H. Demikian dijelaskan Ketua FOKSIS Kota Lubuklinggau Fahmi Zuriansyah, kepada wartawan koran ini, Senin (23/8).

Menurut Fahmi Sebagai organisasi yang bergerak dalam pembinaan moral anak-anak muda khususnya pelajar yang ada di Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas(Mura)  FOKSIS berkewajiban untuk menggelar satu kegiatan yang akan mendukung program pembinaan moral anak bangsa. Oleh karena itu GEMA Ramadhan kali ini  berbeda dengan tahun sebelumnya.

 “Kemeriahan Gema Ramadhan tahun ini didukung banyaknya cabang lomba yang digelar, yaitu Lomba Nasyid, Mading, Tilawatil Quran untuk putra dan putri, Da’i, Da’iyah, Cerpen Islami, Cerdas Cermat Islami dan pawai Ramadhan. Khusus untuk pawai Ramadhan sudah digelar ketika ingin menyambut Ramadhan (6/8) atau awal Ramadhan lalu, dan Insya Allah rangkaian lomba ini nantinya akan dibuka langsung oleh Walikota Lubuklinggau Riduan Effendi,” papar Fahmi.

Disamping itu  penyeleksian terhadap kriteria lomba untuk tahun ini lebih ketat, Mading misalnya, hanya boleh menyusunnya di arena lomba dengan waktu  satu jam, dengan  tim penilai terdiri dari tiga orang. Setiap sekolah hanya boleh mengirim maksimal lima kelompok dengan judul bebas. Tapi tentunya syarat dengan nilai- nilai Islam.

Untuk lomba Nasyid hanya untuk laki- laki saja, yang terdiri dari 3- 6 orang dengan membawakan dua lagu pilihan yang berbeda. Dengan teknik penyanyi acapela (tanpa iringan musik) dan capella (pakai iringan musik) tapi tidak diperkenankan menggunakan minus one dan alat musik elektrik (gitar listrik, Keyboard dsb).

“Untuk lomba Nasyid setiap sekolah hanya boleh mengirimkan lebih dari satu group nasyid saja,” jelas Fahmi.

Sedangkan untuk lomba cerpen, seorang peserta  hanya boleh mengirimkan satu naskah. Naskah yang diserahkan ke panitia  2-5 halaman kertas kwarto yang dibuat dua rangkap, diketik  2 spasi, tulisan Times New Roman, font huruf 12, di kertas Kwarto. Naskah cerpen merupakan karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan serta tidak mengandung unsur SARA.  Naskah ini tidak boleh dicantumkan nama peserta karena biodata peserta harus dibuat tersendiri.

Khusus da’i dan da’iyah serta Tilawatil Quran, peserta maksimal empat  orang,  dua putra dan dua putri untuk masing–masing sekolah.  Tema ceramah bebas, tapi Islami. Sedangkan tiwatil Quran kriteria yang akan dinilai adalah adab, tajwid, makhroj dan irama lagu.

Sedangkan Cerdas cermat Islami sekolah hanya boleh mengirim maksimal dua  kelompok, satu kelompok putra  dan satu kelompok Putri 1, setiap kelompok beranggotakan tiga orang.

Biaya pendafataran setiap lomba berbeda-beda, untuk  lomba nasyid Rp 25 ribu,  lomba cerdas cermat Islami Rp 15 ribu, dan lomba lainnya hanya Rp 10 ribu.

Pendaftaran masih diterima sampai pada hari pelaksanaan . Rangkaian Lomba akan dilaksanakan 29 Agustus 2010. Bagi santriwan santriwati yang berminat bergabung segera menghubungi Yenni 081328756049, atau Sadli 081271182136 atau Fahmi 081367250482.

Pengumuman lomba akan digelar setelah Hari Raya Idul Fitri 1431 H atau bersamaam acara halal bihalal Foksis. “Bagi pemenang lomba akan mendapatkan Trophy juara I, II dan III, piagam penghargaan dan bingkisan menarik,” terang Fahmi.

Dan perlu diketahui, agenda Ramadhan pertama untuk kepengurusan FOKSIS  periode 2010 sampai dengan 2012 ini dipusatkan di Aula SMA Yadika Lubuklinggau.

Rangkaian lomba digelar secara bersamaan tetapi di ruang yang berbeda. Lomba ini tidak saja untuk SMP/SMA negeri maupun swasta yang ada dikota Lubuklinggau, tapi juga untuk SMP/SMA negeri atau swasta yang ada di Kabupaten Mura sekitarnya. (Mg03)


    ShoutMix chat widget