MUARA BELITI-Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Musi Rawas (Mura) tahun 2010 mencanangkan pembibitan unggul untuk perkebunan karet jenis PB260 (Okulasi) dengan luas 25 Hektar.

Kepala Disbun Kabupaten Mura, Ramdani kepada wartawan koran ini Kamis (26/8) mengatakan bahwa tahun 2010 pembibitan unggul diprioritaskan jenis okulasi atau PB260.

“Untuk pembibitan ada dua pola diantaranya pembibitan murni oleh Disbun dengan segala sistem pembibitan oleh Disbun. Setelah itu disalurkan ke masyarakat petani. Kemudian pembibitan pemberdayaan kelompok masyarakat petani,” jelas Ramdani.

Ditanya daerah potensi karet, Ramdani menyebutkan Kecamatan Sukakarya, Jayaloka, Muara Rupit, BTS Ulu, Muara Beliti, Muara Lakitan dan Tuah Negeri. “Adapun jenis perkenan karet diantaranya peremajaan dan perluasan,” ucap Ramdani.

Ramdani menambahkan jenis karet peremajaan yaitu mengganti tanaman lama menjadi tanaman baru. “Sedangkan perluasan tanaman yang awalnya belum ada tanaman karet kemudian dijadikan perkebunan karet,” papar Ramadani.

Untuk perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Mura paling dominan milik perusahaan atau swasta. “Kalau untuk jenis perkebunan rakyat hanya 5 persen,” pungkasnya.(05) 


    ShoutMix chat widget