LUBUKLINGGAU- KPU Kota Lubuklinggau berencana akan mempercepat proses pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dan Wakil Kepala Daerah.
Demikian diungkapkan Divisi Hubungan Antar Lembaga KPU Kota Lubuklinggau, Hendri Almawijaya, kepada wartawan koran ini, Senin (26/7).

“Beberapa waktu lalu, kami melakukan sharing pendapat dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masalah program KPU. Kemudian, kami juga membahas tentang percepatan pelaksanaan Pemilukada di Kota Lubuklinggau yang akan dimajukan satu bulan dari jadwal semestinya yang tadinya Januari menjadi Desember 2012,” ungkap Hendri.

Namun, kata Hendri, hal itu masih dalam batas wacana dan memerlukan pembahasan yang lebih matang lagi. Menurut dia, kalau secara teknis tidak ada masalah untuk mempercepat pelaksanaan Pemilukada.

“Kalau sesuai aturan, Pemilukada bisa dilaksanakan tiga bulan sebelum pelantikan. Kalau kita melihat jadwal pelantikan Walikota Lubuklinggau, beberapa waktu lalu, dilakukan pada Februari. Berarti kalau tiga bulan sebelumnya bisa November, Desember 2012 dan juga bisa Januari 2013. Namun, sekarang masih kita lakukan pembahasan lebih lanjut lagi. Mungkinkah wacana itu bisa dilaksanakan pada akhir tahun,” jelasnya.

Ditambahkan Hendri, tujuan percepatan pelaksanaan Pemilukada agar proses pelantikannya nanti bisa lebih matang. Oleh karena itu, saat ini KPU Kota Lubuklinggau selalu mengupdate data apalagi terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga, bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi pada proses Pemilukada.(07)


    ShoutMix chat widget