Kapolres Baru Pernah Bertugas di Daerah Konflik

Acara pisah sambut Kapolres Lubuklinggau dari AKBP Mukhlis SIK kepada AKBP Takwil Ichsan SE,Ak,MSi telah berlangsung di Mapolres Lubuklinggau, Senin (12/7) pukul 08.30 WIB. Bagaimana suasananya?  

Ronald Chandra, Lubuklinggau

KEMARIN pagi cuaca di Kota Lubuklinggau cerah. Wartawan koran ini yang tiba di Mapolres pukul 08.20 WIB, dari kejauhan terlihat keramaian di depan Mapolres. Setiba di halaman Mapolres Lubuklinggau para Personil Polres sudah berbaris di halaman depan gedung untuk melaksanakan gladi bersih upacara penyambutan dan pelepasan Kapolres Lubuklinggau. Di depan podium terlihat kursi-kursi sudah berjejer rapi untuk tamu undangan. 

Dan di bagian halaman belakang Mapolres terlihat tenda nan megah dan panggung untuk organ tunggal guna acara pisah sambut Kapolres Lubuklinggau.
Tepat pukul 08.30 WIB acara seremoni upacara penyambutan dan perkenalan Kapolres baru dimulai. Para personil Mapolres hikmad mengikuti upacara tersebut. Acara serah terima jabatan Kapolres Lubuklinggau sendiri telah dilaksanakan, Jumat (9/7) di Palembang oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Hasyim Irianto pada pukul 09.20 WIB.
Setelah upacara itu acara dilanjutkan di halaman belakang Mapolres dan usai seremoni

nampak beriringan jalan Kapolres AKBP Takwil Ichsan, mantan Kapolres AKBP Mukhlis, dan Walikota Lubuklinggau, Riduan Effendi disusul dibelakangnya Wakil Walikota, SN Prana Putra Sohe dan unsur Muspida.
Hadir juga Kapolres Musi Rawas AKBP Imam Sachroni, Dandim 0406 Letkol Inf Suryana HS, Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau Taufik S, Ketua Pengadilan Negeri, Agusin, dan Ketua MUI Mura, KH Syaiful Hadi.
Acara dimulai dengan sambutan dari mantan Kapolres AKBP Mukhlis. Dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada walikota beserta jajarannya dan unsur Muspida Kota Lubuklinggau atas bantuan dan kerjasamanya selama ini. Serta minta agar tali silahturahmi yang telah berjalan tetap terjaga dengan baik. Khusus kepada Kapolres baru Mukhlis mengucapkan selamat bertugas dan mengemban tugas yang baru.
Diceritakan Mukhlis, telah bertugas di Polres Lubuklinggau selama satu tahun empat bulan. Berdasarkan TR Kaplri Nomor: STR/443/VI/2010, ia dipromosikan menjabat Kasubbag Renbinnis Set Robinkar SDE SDM Mabes Polri. Mukhlis mengawali karirnya dari Akademi Kepolisian (Akpol) baru kali ini dipindah tugaskan keluar pulau Sumatera. Sebelum menjadi Kapolres Lubuklinggau ia ditempatkan di Sumatera Barat.

Sementara Kapolres Lubuklinggau yang baru AKBP Takwil Ichsan mengucapkan selamat jalan kepada Kapolres lama AKBP Mukhlis dan selalu memberi pengarahan kepadanya, karena pengalamannya memimpin Polres Lubuklinggau. Takwil sendiri sebelum menjadi Kapolres Lubuklinggau bertugas sebagai Kapolres Waroepen Propinsi Papua. Ia adalah putra asli Minang Kabau yang lama dan dibesarkan di Sulawesi dan Papua dan saat ini baru kembali lagi ke Sumatera.

Saat wawancara dengan wartawan koran ini, Takwil Ichsan mengungkapkan pengalamannya sebagai Kapolres Waroepen dan Kapolres Makasar yang notabenenya adalah daerah yang keras. “Mudah-mudahan dengan bekal yang saya miliki mampu memimpin Polres Lubuklinggau, dan menjadikan Kota Lubuklinggau kota yang aman, damai dan sejahtera,” tutur Takwil.
Ketika bertugas di daerah konflik, Takwil mengaku selalu siap siaga dalam situasi apapun. Bahkan sewaktu tidur, selain istri tercintanya, perwira melati dua dipundaknya itu mengaku selalu ditemani senjata api disamping tempat tidurnya. “Kalau tidur malam ada dua yang menemani saya, istri dan senjata api. Jadi kalau ada apa-apa langsung bangun mengambil senjata,” akunya.

Takwil sempat bersenda gurau mengenai pengalamannya menjadi Kapolres Makasar, disana kotanya sangat keras dari mulai masyarakat bawah sampai kaum intelektual gemar tawuran. Sampai ada budaya dikalangan mahasiswa dijuluki kampus tawuran. Beda Makasar beda pula Waroepen, kalau di sana lebih kepada tawuran antar kampung dan memakai senjata tradisional.

Setelah sambutan selesai acara dilanjutkan dengan memberikan kenang-kenangan untuk mantan Kapolres sebagai tanda selamat jalan. Tepat pukul 12.20 WIB acara pisah sambut Kapolres Lubuklinggau dilanjutkan dengan menyantap hidangan bersama dilanjutkan dengan acara hiburan dari pengisi acara orgen tunggal.(*)


    ShoutMix chat widget