MUSI RAWAS–Bupati Musi Rawas, H Ridwan Mukti mengatakan, aparatur pemerintahan merupakan motor perubahan menuju pembangunan yang lebih baik di suatu daerah. Bupati berharap aparatur pemerintahan supaya bisa bekerja dengan baik.

“Untuk masuk ke dalam sebuah permasalahan yang tak akan pernah selesai kita kerjakan, yaitu permasalahan penyelenggaraan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan motornya berada di tangan aparatur pemerintahan itu sendiri,” kata Ridwan Mukti saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan di Auditorium Pemkab Mura, Kamis (15/7).

Ditambahkan Ridwan Mukti, proses penyelenggaraan pemerintahan adalah sebuah proses yang sangat kompleks, melibatkan banyak pihak dengan banyak kepentingan. Dan membutuhkan waktu untuk dapat merealisasikan seluruh program penyelenggaraan pemerintah yang ada, baik yang terangkum dalam Rencana Kerja Pemerintahan Tahunan (RKPT) maupun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Untuk itu, dia mengimbau agar pemerintah dapat menyelenggarakan pemerintahan yang berwibawa, bersih dan transparan serta segera merealisasikan usulan-usulan program yang diajukan dalam berbagai bidang pembangunan.

“Perubahan yang diingini tidak akan terlaksana dengan cepat, jika kondisi di seluruh unit kerja di lingkungan Pemkab, baik di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa belum tersedia prasarana dan sarana yang memadai. Untuk itu, pihaknya akan terus meningkatkan ketersedian prasarana dan sarana infrastruktur yang diperlukan guna memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Pemkab Mura sendiri, tambah dia, mulai tahun ini bertekad untuk menjadikan setiap wilayah di daerah itu agar dapat diakses dengan cepat dan lancar dengan pembukaan jalan sebagai sarana untuk mobilitas dalam dan antar kecamatan, kelurahan dan desa, dengan sasaran mempercepat pelayanan bidang pemerintahan kepada masyarakat.

“Sedangkan permasalahan lain yang harus diselesaikan ialah pengentasan kemiskinan, peningkatan akses masyarakat terhadap fasilitas pendidikan dan kesehatan, penciptaan lapangan kerja dan pengurangan angka pengangguran. Dimana untuk mengatasinya dibutuhkan penyelenggaraan pemerintahan secara bersama-sama,” pungkasnya.
Rakor bidang pemerintahan Pemkab Mura kali ini, selain dihadiri seluruh kepala desa, lurah dan camat, para kepala dinas dan badan juga dihadiri anggota DPRD Musi Rawas serta unsur Muspida.(07)

1 Responses to Bupati : Aparatur Pemerintah ‘Motor’ Perubahan

  1. Sepakat seperti apa yang dikatakan Bapak Bupati Musi Rawas, karena Aparatur Pemerintahan di tingkat bawah maupun SKPD harus mempunyai Program yang berinovasi, kreatif dan sangat menyentuh langsung dengan kepentingan masyarakat karena itulah yang dinamakan Abdi Negara dalam menciptakan Pelayanan Publik yang cepat, tegas, tepat sasaran dan mengurangi resiko tingkat kesalahan yang minim. (Seklur)

     

    ShoutMix chat widget