MUSI RAWAS– Realisasi penyaluran beras untuk keluarga miskin (Raskin) hingga Juni 2010 mencapai 3.112.125 Kg dari target per enam bulan 3.797.820 Kg. Sementara 685.695 Kg sisa raskin belum terealisasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas, Primadina Surya melalui Seksi Peningkatan Mutu dan Ketahanan Pangan, Agus Toha Rudin kepada wartawan koran ini Rabu (14/7) mengatakan, adapun target untuk perbulan penyaluran raskin di Kabupaten Mura 632,970 Kg.

“Dari jumlah sisa yang belum terealisasi berasal dari mereka yang belum membayar raskin. Adapun kecamatan yang belum menyetor pembayaran raskin diataranya Kecamatan Ulu Rawas selama empat bulan Januari sampai April, Sukakarya dua bulan Maret hingga April. Lalu Karang Jaya satu bulan yaitu April, dan Nibung selama empat bulan dari Januari hingga April. Belum disalurkan karena mungkin terkendala dengan jarak yang jauh,” kata Agus.

Agus menambahkan, sistem mendapatkan raskin diantaranya masyarakat menyetor ke kecamatan perdesa atau kelompok dari kecamatan langsung ke Bulog. “Prosesnya kecamatan mengajukan permintaan ke Dinas Ketahanan Pangan. Selanjutnya Dinas Ketahan Pangan diajukan ke Bulog,” papar Agus.

Dikatakannya, sistem ini menggunakan cash and carry (Ada uang langsung dapat Raskin), paling lama dari penyetoran uang selam dua hari. “Tetapi kalau tidak selesai dua hari dimungkinkan ada kesalahan teknis di lapangan. Semua ini sesuai dengan perjanjian dari kecamatan masing-masing,”ungkapnya.

Kembali dilanjutkan, Dinas Ketahanan Pangan hanya sebagai koordinator permintaan dari kecamatan. “Jadi untuk pembayaran dari kecamatan langsung ke Bulog atau ke Bank melalui rekening Bulag,’jelasnya.

Masih kata Agus, untuk harga sesuai ketetapan pemerintah Rp 1.600 per kilo, tetapi untuk harga di kecamatan bervariasi tergantng kesepakatan masyarakat dengan kecamatan atau kades. Adapun jatah raskin selama 10 bulan sesuai ketetapan dari rapat dengan Bupati Musi Rawas diketahui per KKnya 15 Kg selama 9 bulan, dan 21 Kg per KK selama satu bulan. ”Tetapi kalau untuk program nasional sebanyak 13 Kg jatah per KK” pungkasnya. (05)


    ShoutMix chat widget