Suherdi : Semua Kotak Suara Masih Disegel
MUSI RAWAS–Memasuki hari tenang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Musi Rawas (Mura), beredar isu pengiriman tiga kotak suara di Kecamatan Muara Lakitan, telah dicoblos sebelum pelaksanaan 5 Juni mendatang. Isu pencoblosan surat suara itu terjadi Selasa (1/6) malam, ketika kotak suara digeser dari PPK ke tingkat PPS.
Menanggapi isu itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mura, Efriansyah melalui Divisi Logistik, Suherdi ketika dikonfirmasi membantah. Menurutnya, sejak didistribusikan dari seketariat KPU Mura ke tingkat PPK, logistik mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan Panwaslu. "Isu adanya kertas suara yang telah dicoblos itu tidak benar. Karena yang berhak membuka kotak suara itu ketua KPPS bersama anggotanya disaksikan empat saksi kandidat, termasuk Panwas lapangan pada tanggal 5 Juni pukul 07.00 WIB setelah dilakukan pengucapan sumpah janji anggota PPS oleh ketua KPPS," papar Suherdi.
Selain itu dijelaskan Suherdi, mekanisme pengiriman logistik Pemilukada dari seketariat KPU Mura kotak suara dikirimkan ke tingkat PPK, kemudian disalurkan ke PPS pada H-2 masa pencoblosan. "Memang ada terjadi kesalahan dalam pengiriman logistik ke-10 desa di Kecamatan Muara Lakitan. Seharusnya logistik itu belum boleh dikirim ke PPS sebelum H-2 pencoblosan. Namun kotak suara yang telah dikirimkan semuanya sudah ditarik lagi ke PPK," jelasnya.
Sementara Kapolres Mura, AKBP Imam Sachroni melalui Waka Polres, Kompol Joni Getamala menegaskan, jika memang ada surat suara yang sudah dicoblos merupakan tindak pidana. Dikataknnya, isu adanya surat suara yang telah dicoblos sebelum Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah, tidak benar.
Kepastian ini disampaikan Joni setelah pihaknya melakukan pengecekan di lapangan. "Isu ada surat suara yang telah dicoblos sebelum waktunya tidak benar. Yang ada PPK sudah mengirimkan kotak suara ke 10 desa. Seharusnya sesuai kesepakatan kotak suara di PPK baru boleh didistribusikan ke PPS pada 3 Mei 2010 demi keamanan. Seluruh logistik yang telah dikirimkan ke tingkat PPS saat ini sudah ditarik kembali ke PPK," kata Joni.
Hal senada dikatakan Ketua Panwaslu Mura, Hendri Akbar ketika dikonfirmasi wartawan koran ini, kemarin. Dikatakannya, hasil pantauan sementara Panwaslu belum ditemukan adanya kertas suara yang telah dicoblos sebelum Pemilukada 5 Juni.
"Anggota Panwas lapangan di Muara Lakitan sudah melakukan pengecekan tidak ditemukan surat suara yang telah dicoblos. Namun ada kotak suara yang telah dikirim dari PPK ke PPS yang seharusnya dilakukan H-2 tapi semuanya sudah ditarik, termasuk di Kecamatan TPK katanya seluruh kotak sudah dikirim ke PPS sudah ditarik kembali ke PPK," papar Hendri Akbar.(03)


    ShoutMix chat widget