MUSI RAWAS- Penerbangan jalur Lubukliggau–Palembang tinggal menunggu kesiapan dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang. Ditargetkan 20 Juni 2010, penerbangan rute Bandara Silampari-Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, sudah beroperasi.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishub Kominfo) Kabupaten Mura, Ari Narsa kepada wartawan koran ini, Senin (14/6) mengatakan bahwa untuk perizinan jalur rute Lubuklinggau-Palembang secara teknis dan administrasi sudah mendapatkan izin.
Ari Narsa menyatakan diharapkan persiapan penerbangan Bandara Silampari-Sultan Mahmud Badarudin II lebih cepat, pelayananan penumpang masih dipersiapkan maskapai penerbangan Aviastar.
Kemudian kalau dilihat dari minat masyarakat, di hari keempat penerbangan, Senin (14/6) sudah ada peningkatan penumpang, yaitu mencapai 60 orang atau semua tempat duduk (Seat) terjual semua. “Bahkan penumpang lebih satu orang, ini akan diberangkatkan hari berikutnya,” kata Ari Narsa.
Ditambahkan Ari Narsa, untuk masalah tiket penerbangan, baru Online dari kantor pusat ke kantor Bandara Silampari, penumpang yang membeli tiket langsung datang ke Bandara Silampari, sedangkan online ke loket-loket belum. “Masih perlu dipersiapkan lagi perangkat lunaknya,” jelas Ari Narsa.
Ditanya masalah subsidi Pemkab Mura untuk tiket, Ari Narsa menyatakan diperkirakan sampai 2010 akhir akan selesai, tetapi kalau animo masyarakat banyak subsidi akan lebih cepat selesai tidak sampai 2010 juga sudah tidak bersubsidi lagi. “Subsidi ini sudah keputusan Departemen Perhubungan, adapun sistem subsidi tersebut Seat, Block Seat (tempat duduk) dan tiketnya,” ungkap Ari Narsa.
Masih kata Ari Narsa, masalah jadwal dilihat dari peningkatan masyarakat. “Kalau semakin banyak menuntut kemungkinan jadwal keberangkatan akan dilaksanakan setiap hari, sedangkan penambahan rute selain Lubuklingau-Palembang, seperti Lubuklinggau–Padang, Lubuklinggau-Batam dan lainya, saat ini masih penjajakan dari Maskapai Penerbangan Aviastar. Tergantung dari minat penumpang,” pungkas Ari Narsa.(05)


    ShoutMix chat widget