JET : Pesawat jenis Jet 146-200 dengan kapasitas 82 penumpang siap beroperasi per-9 Juni 2010 jurusan Lubuklinggau-Jakarta PP. Foto diabadikan kemarin (3/6).



Harga Tiket Rp 650 Ribu Per Orang
MUSI RAWAS–Akhirnya, penerbangan reguler melalui Bandara Silampari dengan pesawat jet 146-200 kapasitas 82 penumpang dengan rute Lubuklinggau-Jakarta Pulang Pergi (PP) mulai beroperasi 9 Juni 2010 mendatang. Harga tiket setiap penumpang dipatok Rp 650 Ribu, dengan waktu penerbangan lebih kurang 55 menit.
Kepastian ini didapatkan setelah Dirjen Udara Departemen Perhubungan selesai melakukan uji kelayakan (Froving Flight) di Bandara Silampari, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kamis (3/6). Serta kedatangan rombongan dari Maskapai Aviastar dan PT Komala Tripalia (Konsultan), yang naik pesawat Jet dengan turun di landasan pacu (Runway) sepanjang 1.350 meter. Mereka datang untuk menjelaskan rute penerbangan tersebut kepada Dishub Kominfo Kabupaten Mura.
Direktur PT Komala Tripalia, Edwin Wijaya menjelaskan jenis pesawat akan dipakai nanti adalah jenis Jet 146-200 berkapasitas 82 penumpang dengan pesawat yang dirancang untuk landasan pacu pendek. "Jadi tidak ada masalah jika pesawat ini mendarat di runway 1.350 meter, meski idealnya 1500 meter. Pesawat Jet ini memang sudah dirancang untuk off pada landasan pacu pendek dan mudah-mudahan minggu depan pada 9 Juni sudah bisa beroperasi dengan rute Lubuklinggau-Jakarta PP," jelas Edwin Wijaya saat jumpa pers dengan wartawan di ruang tunggu Bandara Silampari, Kamis (3/6).
Ia meneruskan kerjasama antara PT Komala Tripalia (Selaku Konsultan, red) dan Maskapai PT Aviastar dengan Pemkab Mura berlangsung satu tahun lamanya. Nanti apabila dalam kerjasama itu ada hal-hal yang tak berjalan dengan lancar, misalnya jumlah penumpang pesawat sedikit bisa jadi dilakukan evaluasi. "Kita melakukan kerjasama dengan Pemkab Mura selama satu tahun ini dan nanti akan dilakukan evaluasi dari kerjasama ini," ungkap Edwin Wijaya juga menjelaskan mengapa Maskapai Riau Airlines tidak jadi menjalin kerjasama dengan Pemkab Mura. "Ada kendala teknis berkaitan pada maintenance (Perawatan) pesawat hingga maskapai Riau Airlines tidak dapat bekerjasama. Tapi ini tidak menyalahi ketentuan yang sudah ditetapkan karena kita dari PT Komala selaku konsultan langsung menyiapkan untuk menjalin kerjasama antara Pemkab Mura dengan PT Aviastar," jelas Edwin Wijaya menegaskan urusan perizinan pengoperasian pesawat sudah selesai. Dan pihaknya menjamin izin operasional pesawat dan maskapai tak ada masalah. Sementara untuk penerbangan nanti ditetapkan 4 kali dalam satu minggu pada Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. "Kalau waktu keberangkatan akan diatur nanti," imbuhnya.
Asisten II Setda Mura, Amro Musyi Benban menyatakan agar informasi rencana dibuka jalur penerbangan Lubuklinggau-Jakarta PP dapat disampaikan ke masyarakat luas, karena ini merupakan gebrakan untuk memudahkan transfortasi menuju Kabupaten Mura."Mari kita manfaatkan aset yang ada di Mura karena dengan adanya penerbangan ini akan mempermudah kita menuju ke Jakarta. Kita manfaatkan aset ini agar tetap langgeng hingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan umum," katanya.
Kepala Dishub dan Kominfo Kabupaten Mura, Ari Narsa JS mengatakan bahwa dengan beroperasinya Bandara Silampari ini dapat menunjang program kerja Bupati Mura menjadikan Kabupaten Mura sebagai pintu gerbang investasi sektor barat dengan dibukanya bandara ini melalui jalur penerbangan Lubuklinggau-Jakarta PP. Pihaknya berharap penerbangan reguler dapat berjalan dengan lancar meski sementara ini Pemkab Mura masih memberikan subsidi untuk tiket penumpang.
Hadir pada acara tersebut Direktur PT Aviastar, Donadi Rahman, Pilot Kapten Sutrisno (Juga menjabat Direktur Operasional), dua Co Pilot Kapten Hendra Darma dan Kapten Rahmat, serta Pramugari Gita, Aniva, dan Mei. (01)

1 Responses to Penerbangan Reguler Linggau-Jakarta PP Segera Beroperasi

  1. Anonim Says:
  2. pembelian tiket dimana ni?

    di soekarno hatta udah ada stand nya?

    kalo di lubuk linggau dimana?

    ada Contact person nya g?

    makasihh

     

    ShoutMix chat widget