MUSI RAWAS–Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin, Jumat (4/6) meninjau kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Musi Rawas (Mura).
Selain meninjau kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mura, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel ini juga menyempatkan diri melihat kesiapan TPS 8 di RT 10 Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti.
"Dari laporan yang saya terima persiapan Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Mura tidak ada masalah. Hanya saja masalah pengamanan perlu diperhatikan, mengingat kondisi kantor KPU Mura saat ini tidak memiliki pagar pengaman. Kalau terjadi keributan di sini (KPU Mura) akan berpengaruh pada kemacetan lalu lintas dari dan menuju Jambi. Namun kita berharap proses Pemilukada dapat berjalan lancar tanpa ada masalah," kata Alex Noerdin usai meninjau kantor KPU Mura, Jumat (4/6).
Mengenai rencana rekapitulasi penghitungan suara akan dilakukan di Mapolres Mura, Gubernur mengaku tidak ada masalah dengan catatan atas permintan KPU Mura disetujui oleh calaon kandidat. "Polres tidak boleh meminta tapi mereka siap kalau ada permintaan. Tapi kalau hanya disetujui oleh satu kandidat tidak bisa dilakukan di Mapolres,"terangnya.
Kalau untuk potensi kerawanan di Kabupaten Mura, Gubernur optimis dapat diantisipasi Polres Mura. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilih sebanyak mungkin dengan cara mengajak keluarga, tetanga dan teman.
"Karena Pemilukada memilih calon pimpinan masyarakat itu sendiri. Kalau tidak memilih artinya dia (Masyarakat) tidak memilih pimpinannya yang akan meminpin lima tahun kedepan. Belum tentu nantinya setelah lima tahun kedepan masyarakat bisa memilih, jadi guanakanlah hak pilih sebaik-baiknya,"imbuhnya.
Saat meninjau TPS 8 di RT 10 Kelurahan Pasar Muara Beliti Kecamatan Muara Beliti, Gubernur berjanji akan memberikan hadiah kepada TPS di Kabupaten Musi Rawas yang tingkat persentase pemilihanya tinggi. Hal ini dilakukan guna merangsang para pemilih memberikan hak suaranya yang hari ini akan dilaksanakan. "Nanti siapa TPS yang persentase pemberian hak suaranya tinggi akan saya siapkan hadia satu sampai tiga," janji Gubernur dihadapan KPPS dan Lurah Pasar Muara Beliti.
Selain menjanjikan hadiah bagi TPS, Alex juga menjanjikan hadiah bagi KPU kabupaten/kota di Sumsel yang saat ini tengah menyelenggarakan Pemilukada. Disebutkannya, bagi KPU yang sukses menyelenggarakan Pemilukada dan dapat berjalan secara aman dan kondusif, ia juga mendapatkan hadiah.
"Nantinya yang akan menentukan pemenang pada tingkat TPS adalah KPU setelah dilakukan pengecekan. Pagi tadi (Jumat,red) sewaktu saya meninjau persiapan di Kabupaten Ogan Ilir, bupatinya sepakat akan memberikan hadiah kepada TPS yang persentasi pemberian hak suaranya tinggi ," pungkasnyanya. (03)


    ShoutMix chat widget