Cafe Gaul Ludes Dilalap Api

Selasa, 15 Juni 2010

LUBUKLINGGAU-Warga Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Rabu (14/6), pukul 20.45 WIB heboh. Pasalnya, Cafe Gaul milik Ny Seli Sumiati (38), warga Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, ludes dilalap “si jago merah, hingga rata dengan tanah.
Walaupun dalam musibah itu tidak menelan korban jiwa, tetapi pemilik cafe menderita kerugian meteril mencapai Rp 200 juta, karena tidak satupun barang yang ada di dalam rumah tersebut berhasil diselamatkan.
Informasi dihimpun wartawan koran ini di lapangan menceritakan, peristiwa itu diduga akibat hubungan singkat (konsliting) listrik yang ada di rumah ini. Dan Api diketahui pertama kali oleh salah seorang pegawai café, yaitu Angu, pemain orgen. Awalnya Angu mencium bau angit yang menyengat. Lalu Angu memanggil Bambang yang sedang berada di bekalang rumah. Saat itulah Bambang melihat api di dalam WC.
Semula api terlihat kecil, tetapi berselang lima menit kemudian sudah membesar dan langsung melalap rumah yang berdinding papan itu. Lalu para penghuni rumah berteriak kebakaran. Mendengar teriakan itu para tamu yang berada dalam cafe tersebut berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Sementara para pegawai café dan warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Tetapi usaha pegawai café dan warga itu sia-sia, karena api terus membesar.
Untung tiga unit mobil kebakaran dari Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Lubuklinggau sampai ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), setelah dihubungi warga sesaat mereka mengetahui adanya api di dalam rumah beratap seng tersebut. Berselang beberapa menit api berhasil dikuasai petugas PBK, tetapi rumah tempat hiburan ini sudah ludes dan rata dengan tanah.
Karena café itu terletak di pinggir jalan, maka arus lalulintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sempat terganggu, karena banyak sekali warga berkumpul di situ, baik untuk memberikan pertolongan maupun sekedar untuk melihat.
Kapolres Lubuklinggau, AKBP Muchlis, melalui Kapolsek Lubuklinggau Utara, AKP Ikromi SD saat dihubungi wartawan koran ini membenarkan adanya kejadian kebakaran yang menghanguskan Café Gaul milik Seli Sumiati, yang terletak di bagian depan, kawasan lokalisasi Patok Besi. “Saat ini petugas sedang melakukan olah TKP guna kepentingan penyelidikan atas peristiwa itu. Dugaan sementara, kebakaran ini akibat hubungan singkat arus listrik,”jelas Ikromi.(10)


    ShoutMix chat widget