Foto Agus/Linggau Pos
PECAH : Kondisi mobil Cabub Incument mengalami pecah kaca kiri bagian belakang akibat dilempari OTD, mobil tersebut kini diamankan di Mapolres Mura.





Soal Pelemparan Mobil Ridwan Mukti
MUSI RAWAS–Perkara pelemparan batu ke mobil Ridwan Mukti diselesaikan melalui jalur perdamaian. Hal ini terungkap setelah seluruh Tim Sukses (Timses) calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengadakan pertemuan di Hotel Abadi, Selasa (25/5) malam.
Kapolres Mura, AKBP Imam Sachroni membenarkan adanya kesepakatan perdamaian antara Timses calon bupati dan calon wakil bupati Mura. Dikatakannya, usai menerima laporan pelemparan batu terhadap mobil calaon bupati Mura, Ridwan Mukti, petugas langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan kedua mobil Ridwan Mukti ke Mapolres Mura. "Kejadian itu dikarenakan salah paham antar pendukung," kata Kapolres kepada wartawan, Rabu (26/5).
Ditambahkan Kapolres, seluruh timses cabup dan cawabup, KPU, Panwaslu Mura mengadakan pertemuan membahas masalah pelemparan mobil calon bupati Mura tersebut. "Timses calon bupati-wakil bupati nomor urut I dan calaon bupati-wakil bupati nomor urut II, minta masalah perkara pelemparan batu yang terjadi Selasa(25/5) di Kecamatan Rupit, diselesaikan melalui jalur perdamaian dan berkomitmen mensukseskan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Mura secara aman,tertib dan lancar," jelas Kapolres.
Jika para pihak telah menyatakan damai, sambung Kapolres, tentu bisa diselesaikan dengan perdamaian. "Sesuai undang-undang, ya kabulkan untuk berdamai," ucapnya.
Untuk itu, Kapolres Mura meminta agar para pendukung cabup dan cawabup bergerak searah dan tidak berjalan sendiri-sendiri. "Bila terjadi tindak pidana, maka yang dirugikan kandidatnya sendiri," tambahnya.
Guna mengantisipasi benturan massa antar pendukung, pasca insiden penhadangan dan pelemparan batu mobil mobil calon bupati (Cabup) Musi Rawas (Mura) H Ridwan Mukti, jajaran Polres Musi Rawas memperketat pengamanan. Beberapa titik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lubuklinggau-Jambi ditempatkan petugas dan peningkatan intensitas patroli. "Mulai hari ini (Rabu,red) hingga berakhirnya kampanye 1 Juni mendatang, jalur-jalur yang akan dilewati oleh pasangan calon akan dijaga ketat," kata Imam Sachroni.
Selama masa kampanye diakui Imam pihaknya menurunkan sekitar 250 personil disebar di sepanjang jalan menuju kampanye. Seperti yang dilakukan hari ini (Rabu-red), jalur menuju Kecamatan Rawas Ulu yang menjadi lokasi kampanye H Ridwan Mukti-H Hendra Gunawan (RM-HG) dan Kecamatan Muara Lakitan lokasi kampaye M Isa Sgit-Agung Yubi (Misi-Agung) di jaga ketat. "Dengan penempatan petugas di jalur ini diharapkan saat massa kedua tim melintas atau berpapasan tidak akan terjadi lagi aksi anarkis," akunya.
Imam menghimbau kepada seluruh kandidat dapat memanfaatkan pengawal pribadi (Walpri) yang telah disiapkan Polres Musi Rawas. Karena tugas Walpri melakukan pengawalan fisik kandidat Cabup atau Cawabup dalam kondisi apapun.
Sebagaimana diketahui, Selasa, (25/5) mobil calon bupati (Cabup) incumbent, Ridwan Mukti, dihadang sekelompok Orang Tidak Dikenal (OTD) usai menghadiri uandangan warga Desa Karang Anyar. Peristiwa itu terjadi Selasa (25/5) sekitar pukul 12.00 WIB dekat Rumah Makan Telago Kecamatan Rupit. Akibat kejadian ini, kaca mobil yang ditumpangi Cabup Mura H Ridwan Mukti pecah. (08)



    ShoutMix chat widget