LUBUKLINGGAU–Sejak sepekan terakhir isu pergantian pejabat di lingkungan Pemkot Lubuklinggau, berhembus kencang. Dikabarkan pelantikan akan dilakukan pekan depan.
Namun belum dapat dipastikan hari dan tanggal berapa pelantikan diadakan. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, menyebutkan pelantikan pejabat kali ini tergolong pergantian secara besar-besaran. "Pejabat yang akan diganti lebih dari 10 orang," ungkap sumber koran ini sembari mewanti-wanti agar namanya tidak disebut-sebut dalam pemberitaan, Jumat (14/5).
Bahkan yang cukup mengejutkan, termasuk Sekda, Akisropi Ayub akan diganti. "Bukan hanya pejabat eselon III dan eselon II saja yang akan diganti akan tetapi termasuk Sekda. Kabar ini memang cukup mengejutkan. Namun kabarnya usulan pergantian Sekda sudah diusulkan kepada Gubernur Sumsel," ungkap
sumber dengan nada meyakinkan. Dia menambahkan, Sekda pertama saat Kota Lubuklinggau berdiri, yakni H Mulyanto disebut-sebut akan kembali menjabat sebagai Sekda. "Katanya pak Mulyanto kembali jadi Sekda," sebutnya.
Sumber lain menyatakan, tidak mungkin pisang berbuah dua kali. "Yang akan jadi Sekda, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Lubuklinggau. Pejabat tersebut saat ini masih menduduki jabatan cukup strategis di lingkungan Pemkot Lubuklinggau," ucapnya.
Masih kata sumber tadi, pejabat yang akan dicopot dari jabatanya karena tidak cocok lagi dengan pejabat yang cukup berpengaruh di lingkungan Pemkot Lubuklinggau. "Namun ada beberapa diantaranya hanya di rotasi saja atau dengan kata lain dipindahkan ke dinas lain. Dan ada juga yang pensiun," paparnya.
Bahkan sumber koran ini mengungkapkan termasuk dirinya akan diganti. "Mungkin termasuk saya juga akan diganti. Sebab, sejak beberapa bulan terakhir ini kondisi di Pemkot Lubuklinggau kian memanas," jelasnya. Namun dia enggan mengungkapkan apa maksud ucapan memanas tersebut.
Sejumlah pejabat yang diwawancarai koran ini mengaku pasrah jika terkena rotasi atau mungkin dinonjobkan. "Pasrah saja. Mengganti pejabat memang hak prerogatif Walikota," aku sejumlah sumber.
Terpisah, Sekda Kota Lubuklinggau, H Akisropi Ayub ketika dikonfiormasi wartawan koran ini terkait akan ada pergantian pejabat secara besar-besaran, pekan depan membenarkan isu rotasi pejabat tersebut. Menurut Serkda, perombakan struktur pejabat di lingkungan Pemkot Lubuklinggau itu tidak dikatakan besar-besaran. "Memamang ada rencana beberapa pejabat akan diganti dan ditukar posisinya, karena sudah tidak cocok lagi menduduki jabatan tertentu," kata Sekda.
Sekda mengaku belum tahu kapan pelantikan akan dilakukan. "Bisa saja pekan depan. Namun yang jelas nama-nama pejabat yang akan menduduki posisi baru belum final. Dan masih disusun," sebutnya.
Ketika ditanyakan, isu yang berkembang termasuk Sekda yang akan diganti? Akisropi menjawab,"Itukan isu. Jangan mengembangkan isu-isu yang tidak baik. Nanti saya beritahu kalau ada kabar baik. Okey," ucapnya menutup pembicaraan.(06)


    ShoutMix chat widget