Foto : Hetty/Linggau Pos
SAKSIKAN : Kadisdik Kota Lubuklinggau, Septiana Zuraida, menyaksikan hasil karya siswa siswi SMKN 2 Lubuklinggau saat persiapan mengikuti LKS-SMK tingkat nasional.



Kesiapan SMKN 2 Lubuklinggau Ikuti LKS Tingkat Nasional

Prestasi yang ditorehkan siswi SMK Negeri 2 Lubuklinggau, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kota Lubuklinggau. Sebab, pelajar sekolah itu sebagai satu-satunya sekolah yang berkesempatan mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) antar SMK ke XVIII tingkat nasional di Jakarta. Lantas, apa saja persiapan yang dilakukan? Berikut laporannya.



Hetty Arnita, Lubuklinggau
Rabu (12/5) hingga Senin (17/5) mendatang bertempat di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, dua orang siswi SMK Negeri 2 Lubuklinggau, serta satu orang guru pembimbing akan bertarung bersama siswa siswi SMK dari daerah lain di Sumsel pada ajang LKS-SMK ke XVIII tingkat nasional. Kali ini, siswi SMK Negeri 2 Lubuklinggau, akan mengikuti bidang lomba confectioner/pastry cook.
Terpilihnya SMK Negeri 2 Lubuklinggau di ajang LKS-SMK tingkat nasional ini berdasarkan seleksi yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, September 2009 lalu. Dan untuk menuju ajang tersebut, kemarin (Rabu, 5/5), dua sekolah itu telah melakukan uji coba dengan melakukan praktek pembuatan pastry cook yang bertempat di Aula SMK Negeri 2 Lubuklinggau.
"Kegiatan hari ini (kemarin, red) merupakan pelatihan bagi mereka yang akan berangkat ke tingkat nasional nanti.
Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, mereka akan benar-benar siap menghadapi lomba tersebut," terang Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Disdik Kota Lubuklinggau, Ramli, kepada wartawan koran ini ditemui di SMKN 2 Lubuklinggau, Rabu (5/5).
Adapun dua siswi yang akan diberangkatkan, yakni Asna dan Safitri dengan guru pembimbing Enani. Sebelumnya, salah seorang siswa SMKN 2 Lubuklinggau juga meraih juara III pada ajang LKS-SMK tingkat Provinsi Sumsel yang digelar akhir April 2010 lalu atas nama Eben Haesar di bidang perhotelan.
Hal ini menunjukkan, bahwa siswa siswi SMKN 2 Lubuklinggau juga mampu mengharumkan nama baik Kota Lubuklinggau di berbagai bidang. Disamping itu, untuk mendukung praktek yang dilakukan siswa siswinya, SMK Negeri 2 Lubuklinggau telah bekerja sama dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri di Kota Lubuklinggau.
"Untuk mendukung aktivitas belajar siswa siswi, biasanya mereka melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Dan hingga saat ini, SMK Negeri 2 telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai dunia usaha dan industri. Hasilnya, sebagian besar lulusan SMK Negeri 2 telah berhasil dengan baik terjun ke masyarakat," lanjutnya.
Sebagaimana telah diketahui, SMK Negeri 2 Lubuklinggau memiliki tiga jurusan, yakni perhotelan, tata boga dan tata busana. Untuk itu, bagi siswa siswi yang saat ini tengah mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi tidak perlu ragu untuk bergabung dengan SMK Negeri 2 Lubuklinggau.(*)



    ShoutMix chat widget