Seni Olah Pernafasan untuk Menggali Potensi Diri

Masalah terkadang selalu menghampiri kehidupan manusia. Banyak hal yang dapat dilakukan seseorang untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya dengan mengunjungi guru spiritual dengan harapan mencari ketenangan batin dalam diri. Bagaimana caranya?

Hetty Arnita, Lubuklinggau
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya… (QS : Al Baqarah ayat 286).
Makna yang terkandung dalam ayat Al Quran di atas, yakni setiap manusia pasti diberikan Allah SWT permasalahan dalam hidupnya. Namun, yakinlah permasalahan yang diberikan-Nya itu tidak akan melebihi kadar (kemampuan, red) manusia itu sendiri. Dan setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk mengatasi permasalahannya, yakni dengan menggunakan jasa guru spiritual. Sebagian besar mereka meyakini, dengan bantuan guru spiritual ini sebagian permasalahan mereka dapat teratasi.
"Katakan apa yang kau inginkan dan biarkan potensi dirimu yang mewujudkannya. Kata-kata inilah yang harus kita tanamkan dalam jiwa. Kalau sudah melekat pada jiwa kita, yakinlah kesuksesan akan diraih," ungkap Gulfan, salah seorang pemilik bengkel kesehatan di Kota Lubuklinggau kepada wartawan koran ini saat dijumpai dikediamannya di Jalan Cianjur RT 06 Nomor 46 (Nangka Lintas) Kelurahan Ponorogo Lubuklinggau Utara II, Selasa (4/5).
Ditambahkan pria kelahiran Tanjung Enim, 21 Juli 1959 ini, awal karirnya sebagai guru spiritual, yakni ketika usianya baru menginjak 15 tahun dan duduk di kelas III SMP. Ketika itu, dirinya tengah berusaha untuk mencari jati diri sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Setelah sekian lama mencari, dan sempat terjadi pertentangan dalam jiwanya akhirnya kepastian itu datang dan telah merubah sebagian hidupnya.
"Memang proses pencarian jati diri manusia itu sangat sulit, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Ketika itu banyak hal yang dilakukan antara lain mengikuti berbagai seminar dan motivasi, membaca buku serta berbagai kegiatan lainnya. Akhirnya jati diri itu ditemukan hingga semua terasa nikmat dijalani. Dengan begitu kita akan bahagia dan juga bisa membahagiakan orang lain," papar bapak lima anak dan kakek enam cucu ini.
Dia meyakini, apabila seorang manusia dengan sungguh-sungguh berusaha mencari jati diri, niscaya Allah SWT selalu membantu usaha manusia itu sendiri. Namun, keyakinan itu harus didukung dengan pendekatan kepada-Nya.
Dikatakannya, sejak membuka bengkel kesehatan di Kota Lubuklinggau, banyak warga yang menggunakan jasanya. Sebagian besar warga yang datang kebanyakan mengalami permasalahan rumah tangga bagi yang telah berumah tangga dan bagi muda-mudi permasalahan cinta.
"Mereka yang datang ke bengkel kesehatan selalu membawa permasalahan yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar permasalahan yang tengah mereka hadapi yakni permasalahan cinta. Dan untuk membantu mereka kami gunakan metode khusus dengan tetap berpedoman kepada ayat-ayat Al Quran dan Sunnah Rasul. Dengan harapan, permasalahan yang tengah dihadapi mendapat jalan keluar," pungkas pria yang memiliki motto "Sang matahari selalu setia terbit sepanjang hari, walaupun dicaci dan dipuji. Namun, tidak pernah patah hati".(*)


    ShoutMix chat widget