SMKN 2 Lubuklinggau LKS Tingkat Nasional



Prestasi ditorehkan siswi SMK Negeri 2 Lubuklinggau, yang menjadi wakil Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), pada ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) antar SMK XVIII tingkat nasional di Jakarta. Bagaimana ceritanya?



Leo Mura, Lubuklinggau
KEMENANGAN didapat siswi SMK Negeri 2 Lubuklinggau membuat nama kota berslogan Sebiduk Semare makin harum. Pasalnya kemenangan itu bukan hanya di lingkungan Kota Lubuklinggau saja melainkan perwakilan dari Provinsi Sumsel.
Rabu (12/5) hingga Senin (17/5) lalu bertempat di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, dua orang siswi SMK Negeri 2 Lubuklinggau, serta satu orang guru pembimbing akan bertarung bersama siswa siswi SMK dari daerah lain di Sumsel pada ajang LKS-SMK ke XVIII tingkat nasional.
Kali ini, siswi SMK Negeri 2 Lubuklinggau, akan mengikuti bidang lomba confectioner/pastry cook, raih juara VII, yakni Asna Safitri. Dikataknya kepala SMKN 2 Lubuklinggau, Dewi Aulia Margareta di Gedung Kesenian Lubuklinggau, Rabu (20/5), sebelumnya kami memang telah menargetkan untuk juara pada lomba LKS-SMK XVIII tingkat nasional setidaknya menduduki juara III atau IV. Namun kenyataannya kami hanya dapat meraih juara VII dari 33 provinsi di Indonesia yang mengikuti perlombaan tersebut," kata wanita yang kerap dipanggil Dewi ini.
Terpilihnya SMK Negeri 2 Lubuklinggau di ajang LKS-SMK tingkat nasional ini berdasarkan seleksi yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel, September 2009 lalu. "Untuk menuju ajang tersebut telah melakukan uji coba dengan melakukan praktek pembuatan pastry cook yang bertempat di Aula SMK Negeri 2 Lubuklinggau," papar Dewi.
Adapun dua siswi yang akan diberangkatkan, yakni Asna dan Safitri dengan guru pembimbing Enani. Sebelumnya, salah seorang siswa SMKN 2 Lubuklinggau juga meraih juara III pada ajang LKS-SMK tingkat Provinsi Sumsel yang digelar akhir April 2010 lalu atas nama Eben Haesar di bidang perhotelan.
Hal ini menunjukkan, bahwa siswa siswi SMKN 2 Lubuklinggau juga mampu mengharumkan nama baik Kota Lubuklinggau di berbagai bidang. Disamping itu, untuk mendukung praktek yang dilakukan siswa siswinya, SMK Negeri 2 Lubuklinggau telah bekerja sama dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri di Kota Lubuklinggau. "Untuk mendukung aktivitas belajar siswa siswi, biasanya mereka mnelakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Dan hingga saat ini, SMK Negeri 2 telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai dunia usaha dan industri. Hasilnya, sebagian besar lulusan SMK Negeri 2 telah berhasil dengan baik terjun ke masyarakat. Kemenangan ini tidak luput dari bantuan dan dukungan kepala dinas pendidikan lubuklinggau, Septiana Zuraida," ujarnya.
(*)


    ShoutMix chat widget