LUBUKLINGGAU–Puluhan wasit dan juri Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) mengeluh. Apa pasal? Honor mereka selama pelaksanaan O2SN belum juga dibayarkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau.
"Hingga saat ini honor kami sebagai wasit pelaksanaan O2SN juga belum dibayarkan. Keadaan itu membuat panitia, juri dan wasit O2SN geram. Jika baru satu hari pelaksanaan O2SN itu selesainya wajar, akan tetapi kenyataannya telah beberapa hari masih belum ada respeknya, alasannya mereka nunggu Kadisdik, apa hubungannya dengan Kadisdik?" kata Evi kepada wartawan koran ini di ruang kerjanya, Selasa (18/5).
Ia menambahkan, untuk standar honor juri dan wasit yakni Rp 150 ribu. "Kami sangat mengharapkan gaji tersebut, walau nilainya tidak seberapa bagi mereka akan tetapi bagi kami itu sangat berarti," terangnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) O2SN, Ramli mengakui, belum dibayarkannya honor puluhan wasit dan juri tersebut. Sebab, saat ini pihaknya tengah memproses pencairan honor para wasit dan juri ke bagian keuangan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset (DPPKA) Kota Lubuklinggau.
"Saat ini prosesnya sedang dalam pengajuan ke DPPKA. Dan apabila cair nanti, pasti kami akan memanggil seluruh wasit dan juri yang bersangkutan. Tidak mungkin kami akan menyelewengkan uang tersebut, karena ini merupakan hak mereka," ungkap Ramli, kepada wartawan koran ini di ruang kerjanya, Rabu (19/5).
Ditambahkan Ramli, sebelumnya Disdik telah memberitahukan kepada petugas (wasit dan juri, red) bahwa pembayaran honor akan dilakukan setelah pelaksanaan O2SN usai. Namun, pada kenyataannya masih ada saja sejumlah oknum yang mempertanyakan hal tersebut.
"Sebelumnya kami sudah memberikan informasi kepada mereka bahwa honor akan dibayar setelah O2SN, dan mereka setuju. Tapi, ka-lau sekarang ada oknum yang masih saja mempertanyakan hal itu tolong mengertilah dan bersabar. Kami pasti mencairkan honor tersebut apabila bagian keuangan telah mencairkan dana itu. Mohon bersabarlah," jelasnya.
Berdasarkan data di Disdik Kota Lubuklinggau, sedikitnya ada 40 wasit dan juri dari 10 tangkai olahraga untuk tingkat SMP serta 30 wasit dan juri dari lima tangkai olahraga untuk tingkat SMA akan menerima honor selama pelaksanaan O2SN ini.(07/10)


    ShoutMix chat widget