Foto Leo Mura/Linggau Pos
FOTO BERSAMA : Ketua PAUD Hidayah Suroidah beserta guru foto bersama anak didik di Ruang belajar Rabu (26/5).










Kiprah PAUD Hidayah Selama Lima Tahun

Pendidikan anak merupakan tolak ukur keberhasilan anak usia dini. Demikian halnya dengan PAUD Hidayah Hidayah Kelurahan Batu Urib, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, mensosialisasikan program PAUD, mengupayakan untuk dapat memperluas akses pelayanan pendidikan dan pengembangan anak usia dini di kalangan masyarakat. Berikut laporannya?



Leo Mura, Lubuklinggau
PAUD yang berdiri sejak 17 Juni 2005, telah banyak mengukir prestasi. Masa Anak prasekolah merupakan masa usia emas, yakni tingkat kecerdasan dan kebersihan hati sangat menonjol. "Demikian perlunya bimbingan dan binaan khusus pada anak, terutama dalam menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan kanan anak," katakan ketua PAUD Hidayah Suroidah mengatakan kepada wartawan koran ini ketika di temui di ruang kerjanya Kelurahan Batu Urip Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Rabu (26/5)
Selanjutnya ia berharap kepada sebagian orang tua untuk dapat mengarahkan anaknya dalam menyesuaikan dan mengembangkan potensi anak tersebut. sudah sepatutnya orang tua berupaya untuk mengarahkan dan mengembangkan anak sejak dini, sehingga kelebihan yang dimiliki anak dapat dikembangkan secara optimal dan balance sejak dini," jelasnya.
Untuk itu, anak prasekolah sangat perlu diberikan binaan melalui taman pendidikan anak, karena lingkungan pendidikan merupakan pengaruh yang positif untuk bisa membentukan mental dan pengembangan kemampuan kecerdasan anak. "Maka Paud Hidayah merupakan suatu alternative untuk membantu orang tua dalam perannya dalam mengembangkan potensi anak sehingga nantinya menjadi generasi yang berkualitas serta menjadi anak yang soleh dan solehah," tutur wanita berkerudung itu.
Dalam membentuk kecerdasan anak, lanjut wanita yang kerap dipanggil Ida ini mengatakan, dengan tenaga pendidik yang professional dibidangnya serta permainan yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anak, seperti Fuzzel, susun balok, gasingan dan masih banyak yang lain. "Permainan Fuzzel dan susun balok dapat membentuk anak pada penyeimbangan otak kiri dan kanan. Sebab permainan tersebut banyak menggunakan imajinasi," pungkasnya.
Dengan gedung milik sendiri serta jauh dari pusat keramaian, hal itu sangat menunjang keselamatan anak dan kegiatan belajar mengajar (KBM) dilingkungan PAUD Hidayah. Ditambah lagi dengan media pembelajaran yang sangat mendukung. "Jauh dari keramaian bukan berarti kurangnya pengetahuan anak, akan tetapi hal itu menjadi motivasi anak. Terbukti dari prestasi yang pernah di raih oleh anak PAUD Hidayah yakni juara II Lomba PAUD Inovatif tingkat provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 2009, kemudian juara I lomba kreatifitas tingkat provinsi Sumsel 2008. kemudian I Lomba mewarnai tingkat Kota Lubuklinggau 2009, dan juara II Lomba gerak Jalan Putri 2009," papar Ida.(*)


    ShoutMix chat widget