MUSI RAWAS–Pernyataan Bupati Musi Rawas (Mura), H Ridwan Mukti akan memprioritaskan Tenaga Kerja Sukarela Terdaftar (TKST) menjadi PNS menjadi wacana yang menarik. Pasalnya, muncul dugaan statemen ini dikaitkan dengan hal politis, karena incumbent maju pada Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, yang akan dilaksanakan 5 Juni 2010 mendatang.
Benarkah? Kepala BKPP Kabupaten Mura, Hj Rita Mardiah menyatakan pernyataan bupati itu bukan politis. Sebab, bisa saja TKST tersebut diprioritaskan menjadi PNS asalkan memenuhi persyaratan untuk mengikuti mekanisme penerimaan pegawai baru. "TKST itu dipersilakan mendaftarkan diri, jika nanti ada penerimaan CPNSD formasi 2010. Tetapi mesti melengkapi syarat yang sudah ditetapkan. Para TKST ini juga mesti memiliki nilai yang tinggi sesuai kriteria formasi untuk mereka," kata Rita di ruang kerjanya, Kamis(29/4).
Rita Mardiah menegaskan, TKST tersebut mesti mengikuti tahapan tes penerimaan CPNSD sama seperti peserta lain. Juga tes tertulis yang nanti hasil nilainya diketahui tim penguji, maka bisa saja setelah mendapatkan nilai yang baik dinyatakan diterima. "Yang penting mereka itu sesuai dengan mekanisme mengikuti penerimaan CPNSD itu," katanya.
Ia meneruskan bisa saja pernyataan bupati itu benar adanya bahwa akan diprioritaskan menjadi PNS, dengan pertimbangan para TKST itu sudah mengabdikan diri di Pemkab Mura. "Mereka sudah bekerja di SKPD yang dinilai oleh setiap kepala SKPD sesuai dengan tempat mereka bertugas. Kita berharap para TKST ini dapat bekerja dengan baik, karena nilai dari Kepala SKPD itu juga diperhatikan BKPP untuk diteruskan atau tidak kontrak kerjanya nanti," papar Rita Mardiah.
Sementara itu, TKST bagian penyuluh agama yang dilantik Januari 2010 belum mengetahui mengenai wacana bakal diangkat menjadi PNS. SW, salah seorang TKST formasi penyuluh agama mengaku senang jika benar ada wacana tersebut. "Ya, senang berarti ada perhatian dari Pemkab Mura untuk kelangsungan kerja kami ini," ucapnya, kemarin.
Lalu As, juga TKST penyuluh agama mengatakan belum tahu ada informasi bakal diangkat menjadi PNS, karena ini termasuk kabar baik ia menyambut gembira. Dan berharap itu bukan sekedar iming-iming untuk mereka.(14/06)


    ShoutMix chat widget