Image Hosting
Image Hosting


1 Motor Dibakar, 2 Perampok Nyaris Diamuk Massa
KARANG JAYA–Selasa (27/4) sekitar pukul 14.00 WIB, Mapolsek Karang Jaya mendadak dikepung massa. Warga Desa Karang Jaya, Kecamatan Karang Jaya, mendatangi Mapolsek itu dengan beringas untuk menghakimi dua dari empat tersangka perampokan sepeda motor yang berhasil ditangkap dan ditahan petugas.
Disamping minta agar tersangka dikeluarkan untuk dihakimi secara massa, warga juga membakar satu unit sepeda motor Yamaha Vega R milik tersangka hingga puas, karena sepeda motor itu diduga digunakan tersangka untuk melakukan tindak kejahatan perampokan.
Beruntung Camat Karang Jaya, Syamsu Anwar, dan Kasat Reskrim Polres Mura, AKP Maruly Pardede cepat datang ke lokasi. Di hadapan Camat Karang Jaya, Reskrim Polres Mura dan Kapolsek Karang Jaya, AKP Toni Siagian, warga minta agar polisi segera menangkap dua tersangka pelaku perampokan terhadap seorang pelajar, yakni Nopi Afrizal (16), warga Kelurahan Karang Jaya saat pulang sekolah.
Untuk diketahui Selasa (27/4) sekitar pukul 11.00 WIB, Nopi Afrizal, siswa kelas XII SMA Negeri Terawas, dengan mengendarai sepeda motor Honda Supra Fit X, dari sekolahnya hendak pulang ke rumah. Di tengah perjalanan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), korban dipepet empat tersangka dengan menggunakan dua sepeda motor. Yakni Nazarudin (18), Yansyah (21), Eko (21) dan Iwan (21), yang diketahui warga Desa Maur, Kecamatan Rupit. Setelah berhasil menghentikan laju sepeda motor korban, lalu salah seorang tersangka mencabut kunci kontak sepeda motor yang dinaiki Nopi Afrizal, seraya mengeluarkan pisau dan mengancam Nopi Afrizal agar menyerahkan kendaraannya.
Namun korban tidak mau menuruti perintah tersangka, dan Nopi Afrizal mencoba melakukan perlawanan. Lalu tersangka memukul pelipis kiri korban hingga bengkak. Berhasil merampas sepeda motor korban, keempat tersangka pergi.
Sedangkan Nopi Afrizal berlari sambil berteriak minta tolong, dan langsung melaporkan kejadian yang baru saja dialaminya ke Mapolsek Karang Jaya.
Keempat perampok tadi membawa kabur sepeda motor korban ke arah Muara Rupit. Setiba di Kelurahan Karang Jaya, tersangka bergantian membonceng karena rekannya kurang cepat mengemudikan sepeda motor, lalu kembali melanjutkan perjalanan hingga ke jembatan Desa Embacang Baru.
Tersangka yang melarikan diri itu langsung dikejar anggota Polsek Karang Jaya dibantu masyarakat. Beruntung, kendaraan yang dinaiki tersangka Nazarudin dan Yansyah terbalik sehingga petugas dan warga dengan mudah menangkapnya.
Guna kepentingan penyidikan, tersangka berikut dengan satu unit sepeda motor dibawa ke Mapolsek Karang Jaya. Saat tiba di Mapolsek Karang Jaya, tersangka diamankan di sel tahanan. Sementara Eko (21) dan Iwan (21) berhasil melarikan diri dengan membawa sepeda motor milik korban.
Tidak lama kemudian, lebih kurang 200 orang mendatangi Mapolsek Karang Jaya. Mereka mengambil dan membawa keluar kendaraan tersangka yang diparkir di halaman Mapolsek.
Tanpa dikomandoi, massa yang telah kesal ulah perampok langsung membakar sepeda motor tersebut dan mencoba masuk ke dalam kantor dengan maksud akan menghajar tersangka. Tapi tidak berhasil karena petugas telah menjaga ketat ruang sel tahanan.
Massa tetap berkumpul di halaman Mapolsek dengan maksud meminta polisi supaya cepat menangkap dua pelaku lainnya dan membawa sepeda motor milik korban. Sekitar 30 menit kemudian, Kasat Reskrim Polres Mura, AKP Maruly Pardede, Kapolsek Muara Rupit, Iptu Amir Hamzah, Kapolsek Terawas, AKP Armansyah dan Camat Karang Jaya, Samsu dan tokoh masyarakat tiba di Mapolsek Karang Jaya.
Petugas memberikan arahan dan berjanji akan menangkap dua tersangka lainnya. Setelah 15 menit berdialog akhirnya massa membubarkan diri.
Selanjutnya anggota Polres Mura dipimpin Kasat Reskrim, AKP Maruly Pardede membawa kedua tersangka dengan menggunakan mobil menuju Maur untuk mengejar tersangka lain. Namun petugas hanya mendapatkan seunit sepeda motor Honda Supra Fit X milik korban, sedang Eko dan Iwan belum berhasil diringkus.
Kapolres Mura, AKBP Herry Nixon’s melalui Kasat Reskrim, AKP Maruly Pardede dan Kapolsek Karang Jaya, AKP Toni Siagian kepada wartawan koran ini membenarkan adanya kejadian tersebut. "Saat ini, kami masih melakukan pengembangan penyidikan dan mengejar dua tersangka lain," kata Kasat Reskrim.
Setelah melakukan pengembangan penyidikan, lanjut dia, petugas berhasil mengamankan seunit sepeda motor Honda Supra Fit X milik korban di Desa Maur. "Motor hasil kejahatan 365 KUHP sudah diamankan," pungkasnya.(10)

Image and video hosting by TinyPic

    ShoutMix chat widget