Image Hosting
Image Hosting


*Pimpinan DPRD Dilantik

MUSI RAWAS-Unsur pimpinan DPRD Kabupaten Musi Rawas masa jabatan 2009-2014 resmi dilantik. Acara pelantikan yang diadakan di ruang rapat paripurna DPRD itu berlangsung Kamis, (31/12). Pengucapan sumpah jabatan ini dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Encep Yuliadi atas mama Ketua Mahkamah Agung RI.
Acara sakral itu dihadiri Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Ratnawati Ibnu Amin, anggota DPRD 2009-2014, unsur Muspida, mantan Ketua DPRD Mura periode 2004-2009, HA Karim AR, para kepala dinas, kepala badan, kepala kantor di lingkungan setda Musi Rawas.
Kemudian sekretaris dewan dan kepala bagian di lingkungan Setwan, Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) dan Ketua Pengadilan Agama, pimpinan BUMN, BUMD, pimpinan partai politik, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan dan tamu undangan lainnya.
Sebagimana diketahui, pelantikan ketua dan wakil-wakil ketua DPRD ini sesuai Keputusan Gubernur Sumsel No. 812/KPTS/II/2009 tanggal 28 Desember 2009 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Musi Rawas masa jabatan 2009-2014.
Sesuai SK itu pula, pimpinan dewan yang dilantik adalah Hj Srie Hernalini Nita Utama dari Fraksi Partai PDI Perjuangan sebagai ketua, Herman Mawiek dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai wakil ketua I dan Suhari dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera sebagai wakil ketua II.
Didalam pasal 354 ayat 1 huruf (b) UU No. 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD disebutkan untuk DPRD kabupaten/kota yang beranggotakan 20 orang sampai 44 orang dipimpin satu orang ketua dan dua orang wakil ketua.
Kemudian dalam pasal 355 ayat (5) pimpinan DPRD kabupaten/kota sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji yang teksnya sebagaimana dimaksud dalam pasal 347 yang dipandu oleh ketua pengadilan negeri.
Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Ratnawati Ibnu Amin saat diwawancarai mengatakan, pihaknya (eksekutif, red) menyambut baik atas pelantikan pimpinan dewan ini dan siap meningkatkan kerjasama sebagaimana diamanatkan UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
Terkait figur Srie Hernalini sebagai ketua DPRD, menurut Wabup, tentu sebuah kemajuan yang luar biasa. Diharapkan kedepan kiprah perempuan di Kabupaten Musi Rawas lebih besar dan lebih banyak lagi. Hal ini juga, lanjut Ratna, merupakan indikator kemajuan peranan wanita dalam bidang pembangunan.
Pada bagian lain, Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas masa jabatan 2009-2014, Srie Hernalini Nita Utama dalam pidato politiknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan kerjasamanya sehingga semua proses pelantikan pimpinan dewan definitif ini berjalan lancar seperti diharapkan.
Menurutnya perbedaan pendapat, adalah hal biasa. Namun yang terpenting janganlah perbedaan tersebut membuat kita terpecah belah, tercerai berai dan saling gontok-gontokan.
“Kami bertiga (maksudnya ketua dan wakil-wakil ketua) hanyalah corong penyambung aspirasi masyarakat. Jadi tanpa dukungan rekan-rekan anggota DPRD, kami tidak ada apa-apanya,” ungkapnya merendah.(03)

Image and video hosting by TinyPic

    ShoutMix chat widget