Image Hosting
Image Hosting

MUSI RAWAS-Untuk pertama kalinya, Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas memperingati Hari Perkebunan. Menyusul adanya edaran Direktorat Jenderal Perkebunan. Departemen Perkebunan RI No. 680/TU.220/E1/10/2009 tanggal 30 Oktober 2009 tentang Peringatan Hari Perkebunan.
Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kabupaten Musi Rawas, Suharto menjelaskan, berdasarkan edaran Dirjen Perkebunan tersebut, ditetapkan Hari Perkebunan diperingati setiap 10 Desember mulai 2009 ini.
Penetapan itu, lanjut dia, dilatarbelakangi dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme sebagai tonggak sejarah yang menunjukkan Bangsa Indonesia untuk mengelola perusahaan perkebunan tanpa tergantung pada keahlian Bangsa Belanda.
“Atas dasar tersebut, pada 9 Desember 2008 dalam acara Workshop dan Soft Launching buka Perkebunan dalam Lintasan Zaman,” telah dicanangkan setiap 10 Desember sebagai Hari Perkebunan,” ungkap mantan Kabag Pembangunan Setda Mura itu.
Terkait dengan peringatan ini, serta untuk tetap menjaga jiwa patriotisme dan nasionalisme dibidang perkebunan, diimbau agar kiranya pada 10 Desember dapat diadakan kegiatan-kegiatan yang dapat memperkuat jiwa kejuangan dibidang perkebunan.
Sebagai informasi, tambahnya, ditingkat pusat kegiatan peringatan Hari Perkebunan dilaksanakan sejak 8-12 Desember 2009, bertempat di Jogyakarta dan Jakarta dengan rangkaian kegiatan meliputi seminar, pertandingan olahraga, bakti sosial, dialog interaktif dan acara puncak.
Khusus di Kabupaten Musi Rawas, meski disibukkan dengan aktivitas rutinitas kantor, namun jajaran Disbun serta merta ikut merayakan Hari Perkebunan perdana ini.
Berbagai kegiatan telah dilaksanakan. Mulai dari anjangsana ke panti jompo Trisna Werdha Desa G1 Mataram sekaligus memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa pangan dan kebutuhan pokok lainnya, Jumat (18/12). Selanjutnya Minggu (20/12), dilaksanakan olahraga bersama, diantaranya cabang bulutangkis, futsal, tennis meja, dan catur.
Kegiatan lain, lomba khusus anak-anak serta ditutup dengan acara puncak dibarengi arisan darma wanita di lingkungan Disbun Mura bertempat di eks gedung SRDP (gedung serbaguna Disbun), Jln Lapter, Kelurahan Prumnas Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. (03)

Image and video hosting by TinyPic

    ShoutMix chat widget