BBI Kewalahan Penuhi Permintaan

Senin, 24 Januari 2011

LUBUKLINGGAU–Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kota Lubuklinggau kewalahan memenuhi permintaan konsumen. Untuk memenuhi order bibit ikan BBI Kota Lubuklinggau terpaksa menampung bibit dari Unit Perbenian Rakyat (UPR). “Untuk memenuhi permintaan bibit ikan, kita kumpulkan benih dari UPR binaan kita. Tidak cukup hanya mengandalkan BBI. Kalau hanya mengandalkan BBI tidak bisa memenuhi permintaan konsumen,” ungkap Subandio Amin, Kepala Diskanak Kota Lubuklinggau, kepada koran ini, Minggu (23/1).
Disamping itu sulitnya untuk memenuhi permintaan konsumen disebabkan benih ikan yang dipesan tidak ada stok di BBI. Ia mencontohkan konsumen memesan benih ikan nila 100 ribu, sementara BBI hanya ada 50 ribu untuk memenuhi permintaan tersebut kita menghubungi UPR.
“Misalnya konsumen minta benih ikan lele sementara stok benih di BBI hanya ada benih ikan mas, maka untuk itu kita ambil benih dari UPR binaan kita,” paparnya memberikan contoh.
Menurut Subandio, dari dua BBI yang ada di Kota Lubuklinggau, BBI Petanang dan Watervang rata-rata per bulan hanya mengeluarkan 1 juta benih.
Sementara permintaan benih ikan dari luar Kota Lubuklinggau terus meningkat, melihat perkembangan pasar benih ikan cukup pesat. Untuk mengatasi permasalahan ini, Diskanak pada 2011 akan menambah UPR binaan.
“10 UPR binaan kita terasa kewalahan memenuhi permintaan pasar khususnya benih ikan, lele, nila dan ikan mas. Petani ikan dari Bengkulu, Jambi, Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba), Kota Palembang beli benih ikan dengan kita,” jelasnya.
Disamping itu pihaknya juga akan memberikan bantuan induk ikan dan kolam perbenihan kepada UPR binaan-nya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktifitas UPR.
Diinformasikan, 10 UPR binaan Diskanak tersebut berada di Kelurahan Eka Marga dan Karang Ketuan masing-masing ada tiga kelompok UPK. Lalu Kelurahan Siring Agung Kecamatan Lubuklinggau Utara II satu UPK Kelurahan Petang, Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Disamping itu ada juga di Kelurahan Dempo dan Jawa Kiri Kecamatan Lubuklinggau Timur II. (02)



    ShoutMix chat widget