Kejahatan di Barat-Timur Meningkat

Rabu, 22 September 2010

LUBUKLINGGAU–Kapolres Lubuklinggau AKBP Takwil Ichsan mengatakan, pasca hari raya Idul Fitri, tindak kejahatan di wilayah cenderung meningkat. Terutama diwilayah hukum Polsek Lubuklinggau Barat dan Polsek Lubuklinggau Timur.
“Secara umum kinerja para Kapolsek dinilai cukup baik. Namun hasil yang dicapai harus lebih ditingkatkan lagi mengingat kejadian tindak pidana meningkat terutama di wilayah Barat dan Timur,” jelas Takwil Ichsan kepada wartawan koran ini, Selasa (21/9).
Selain itu Takwil mengaku berencana melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke setiap Polsek jajarannya. Sidak dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat pasca hari raya Idul Fitri. Selain itu juga bertujuan mengecek kesiapan anggota dalam melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat.
“Insya Allah, kami mengunjungi Polsek melihat kesiapan,” ujarnya.
Ditambahkan Takwil Ichsan, selama ini dirinya banyak mendapat laporan terjadi aksi perjudian sabung ayam di wilayah Kota Lubuklinggau. Namun polisi setempat terkesan tutup mata tidak memberikan tindakan. “Saya harap polsek cepat tanggap bila mendapat informasi ada sabung ayam maka harus dibubarkan karena meresahkan masyarakat,”pesan Takwil tanpa menyebutkan nama Polsek yang dimaksud.

Untuk meminimalisir tindak kejahatan itu, sambung Takwil, pihaknya akan meningkatkan patroli serentak, baik Polsek maupun Polres. “Polisi akan patroli ditempat-tempat keramaian dan daerah rawan kejahatan,” janjinya.

Diakui Takwil, akhir-akhir ini aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) marak terjadi. Untuk itu ia menghimbau masyarakat lebih waspada dan hati-hati terhadap harta bendanya.
“Kepada RT RW, Lurah agar tetap mengawasi para tamu yang baru. Setidaknya lebih 1 x 24 jam, para tamu wajib melapor keberadaan dan tujuannya,” sambungnya.

Jika mengetahui hal-hal yang dicurigai terhadap aktivitas warga baru, kata Takwil, masyarakat harus melapor ke pihak berwajib. “Kami harap peran aktif masyarakat kembali digalakkan. Jangan sampai hanya sebelum lebaran saja, aktif menjaga keamanan lingkungan tapi seterusnya,” pungkasnya. (08)


    ShoutMix chat widget