Wabup Tak Hadiri Upacara HUT RI

Rabu, 18 Agustus 2010

MUSI RAWAS-Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-65 di lingkungan Pemerintah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas, Selasa (17/8) berjalan sukses dan lancar. Namun dalam upacara peringatan HUT RI di Pemkab Mura tahun ini, tanpa dihadiri Wakil Bupati, Hj Ratnawati Ibnu Amin.

Selain itu sekitar 10 orang lebih peserta dari kalangan pelajar di Kabupaten Mura harus meninggalkan lapangan, karena tidak mampu mengikuti upacara hingga selesai. Tiga pelajar SMP dan SMA diantaranya, terpaksa diangkut menggunakan tandu karena tidak sadarkan diri dan mendapat perawatan tim medis.

Peringatan detik-detik Proklamasi di Pemkot Lubuklinggau, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Walikota Lubuklinggau, H Riduan Effendi. Sedangkan Komandan Upacara Kapten (Inf) Madi Sutikno Danramil 406-06 Tugumulyo dan Perwira Upacara Kapten (Inf) B Hutauruk Danramil 406-04/ Muara Lakitan serta Perwira Keamanan Kapten CPM Irzal Anwar, Dansubdenpom II/4-5 Lubuklinggau.

Sementara untuk pengibaran bendera dilakukan Paskibra Kota Lubuklinggau didukung anggota Polres Lubuklinggau, Brimob dan TNI terlaksana sukses. Upacara yang dihadiri Unsur Muspida dan anggota DPRD Kota Lubuklinggau ini berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. Ratusan pelajar, PNS dan juga TNI-Polri ikut serta dalam upacara yang digelar di Lapangan Merdeka Kota Lubuklinggau itu. Demikian juga puluhan veteran pejuang kemerdekaan juga hadir dalam upacara.

Detik-detik pembacaan teks Proklamasi merupakan puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65 dibacakan oleh Ketua DPRD, Hasbi Asadiki. Masyarakat Kota Lubuklinggau antusias menyaksikan upacara HUT RI ke-65. Begitu juga saat penurunan bendera Merah Putih. Barisan pasukan Paskibra dengan seragam paduan putih menjadi perhatian yang menarik. Walikota Lubuklinggau, Riduan Effendi kembali bertindak sebagai inspektur upacara dalam pelaksanan upacara tersebut.

Setelah upacara penurunan bendera para veteran dan warakauri Kota Lubuklinggau mengikuti resepsi kenegaraan sekaligus buka bersama di Rumah Dinas Walikota Lubuklinggau di Kelurahan Petanang Ulu, Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Dalam kesempatan tersebut, veteran dan warakauri mendapatkan bingkisan dari Pemkot Lubuklinggau. Bingkisan diserahkan secara simbolis oleh Walikota, Riduan Effendi. Lebih dari 80 veteran dan pejuang yang mendapatkan bingkisan dan bantuan uang tunai dari Pemkot Lubuklinggau.

Hal yang sama juga terjadi pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-65 di lingkungan Pemkab Mura, Selasa (17/8) di halaman Kantor Bupati Mura, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Kali ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan pembacaan teks Proklamasi adalah Bupati Mura, H Ridwan Mukti. Dengan komandan upacara Kapten Inf Rozali, dan pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Kabupaten Mura Hj Srie Hernalini Nita Utama.

Hadir juga pada upacara tersebut, Kapolres Mura AKBP Imam Sachroni, Dandim 0406 Mura, Letkol Inf Suryana, Kajari Lubuklinggau, Taufik Satia Diputra SH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau Agusin SH, anggota DPRD Kabupaten Mura, pejabat SKPD, PNS, BUMN/BUMD dan pelajar. Untuk petugas pengibaran bendera dilakukan Paskibra Kabupaten Mura didukung anggota Polres Mura, Brimob dan TNI.


Renungan Suci
Sementara itu, malam hari sebelum upacara detik-detik Proklamasi, berlangsung upacara renungan suci dalam rangkat HUT RI ke 56 pada Selasa (17/8) pukul 00.00 di makam Pahlawan Patria Bukit Sulap Kelurahan Keputraan, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Prosesi renungan suci dihadiri Walikota Lubuklinggau, Riduan Effendi, Bupati Musi Rawas (Mura), Ridwan Mukti. Dan SKPD Kabupaten Mura dan Kota Lubuklinggau.
Dalam kesempatan itu, selaku inspektur upacara Dandim 0406 Letkol Inf Suryana, dan selaku pembina upacara Danramil Kota Lubuklinggau, Lettu Rusniman. dalam sambutannya, Dandim menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kebersihan hati dalam memperjuangkan bangsa. “Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara merupakan perjuangan kami berdoa semoga arwah mereka diterima disisi-Nya, dan mendapat tempat yang sewajarnya,” kata inspektur upacara, Suryana, Selasa (17/8). (06/07/10)


    ShoutMix chat widget