Tips Sehat dengan Hidup Teratur dan Berpikir Positif

Duta Komunitas Adat Terpencil (KAT), Rizal Djibran (32) memiliki kiat tersendiri agar tetap bugar saat menjalankan tugas ke daerah pelosok di Indonesia. Saat di lokasi acara tak sedikitpun ia mengeluh, malah kelihatan menikmati kunjungan dengan membaur bersama masyarakat.

Budi Santoso, Musi Rawas

SEJAK dikukuhkan sebagai duta KAT bersama artis sinetron, Hemalia Putri oleh Menteri Sosial, Dr Salim Segaf Al Jufri pada Oktober 2009 lalu, Rizal Djibran telah mendatangi sejumlah daerah yang memiliki suku KAT. Di sana ia menjadi duta dengan meneriakan jargon, Go! Go! Indonesia maju! Yang disambut antusias masyarakat.
Tak kalah menariknya, Rizal yang berpenampilan bersahaja ini pandai menyanyi, maklum ia juga seorang penyanyi dangdut. Hingga Rizal bisa membaur dengan masyarakat pedesaan, yang disinggahinya bersama rombongan Mensos, menghibur sekaligus menyampaikan pesan untuk kemajuan suku KAT.

Lajang yang berpostur 171 Cm dengan bobot 74 Kg turun ke daerah pelosok, termasuk ke Kabupaten Musi Rawas yang menjadi tempat kunjungan kerja (Kunker) tim terpadu KAT dari 11 kementerian, Selasa (3/8) di Desa Sungai Kijang, Kecamatan Rawas Ulu. Di sana tanpa segan Rizal mengajak Bupati Musi Rawas, H Ridwan Mukti dan masyarakat suku KAT bernyanyi diiringi organ tunggal. Setelah itu pemain sinetron Misteri Gunung Merapi ini dikerubuti penggemarnya. Sebagai artis memang pesona Rizal tak hilang. Kaum hawa pun memburunya dengan kamera Handpohen maupun digital diarahkan ke wajahnya. Rizal pun dengan santai menanggapi permintaan mereka.

Usai acara kunker tetap saja para wanita memburunya untuk berpoto. Juga bapak-bapak dan remaja belasan tahun mendekati Rizal yang mengenakan kemeja warna hitam dipadu jeans biru dan sepatu kets. Tak ketinggalan juga kacamata hitam melingkar di lehernya. Saat itu Rizal sedang menyantap makanan. Sementara di sebelah kanan warga asyik minta foto bareng. “Foto dulu kak, foto foto,” ucap perempuan bersama temannya duduk di sebelah Rizal.Keringat bercucuran di wajahnya tak membuat Rizal cemberut. Alumni Sospol Universitas Moestopo Jakarta tahun 2001, tetap melayani jumpa fans dadakan tersebut.

Ia juga dengan ramah melayani permintaan wawancara dengan wartawan koran ini di lokasi acara. Dan, dari bibir tipis pria tersebut keluar sejumlah pernyataan menarik. Awal mula ketertarikan Rizal terjun ke bidang sosial dimulai saat ia menjadi sukarelawan membantu korban gempa tsunami di Aceh.

“Sebelumnya saya intens dengan kegiatan sosial. Sejarahnya pertama kali saya datang ke Aceh untuk membantu korban Tsunami pada tahun 2004 selama satu bulan. Saat itu basicnya sebagai paramedis. Program kerja yang kami lakukan dengan membuat program pendidikan untuk korban gempa Aceh dan Nias,” ungkap Rizal dengan lancar. Ia meneruskan pernyataannya. “Pasca itu saya lebih intens bersama stake holder dengan mengadakan kegiatan sosial dengan berlanjut membantu korban gempa Bengkulu, hingga ke Jogjakarta dan sebagainya.”

Rizal yang pernah digosipkan pacaran dengan pedangdut Rita Sugiarto ini menilai sebagai duta KAT ia memiliki pandangan tersendiri tentang Indonesia. “Sebenarnya Indonesia ini sudah 65 tahun merdeka tapi masih banyak rakyatnya belum mendapatkan hak-haknya dengan baik. Masih ada yang saya lihat yang belum merdeka. Padahal jelas-jelas Indonesia ini negara yang kaya dari segi potensi alam serta budayanya. “Tapi sekarang ini kita masih memiliki hampir 40 ribu Kepala Keluarga (KK) suku KAT yang mesti diberdayaakan. Apabila tidak diperhatikan maka Indonesia tidak akan mencapai. Millennium Development Goals seperti ditentukan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), karena untuk mencapai itu salah satu pencapaiannya harus kesejahteraan merata,” jelas Rizal dengan nada suara teratur.

Kelahiran Malang, Jawa Timur, 29 Agustus 1977 menjabarkan penyebab negara Indonesia belum maju antara lain disebabkan letak geografis sangat luas dengan pulau-pulau. Meski demikian, ia memberikan solusi, agar Negara makin maju mesti muncul kesadaran diri sendiri dari masyarakat untuk maju. “Sehingga ini bukan dari pemerintah tapi dari seluruh elemen masyarakat harus bahu membahu karena mereka berhak mendapatkan hak sebagai warga Negara Indonesia. Mereka bisa mendapatkan hak-haknya,” ucap Rizal yang senang berolahraga ini.

Rizal juga kembali mengingatkan apa-apa yang disampaikan di hadapan masyarakat. “Seperti saya bilang di atas tribun tadi, kita maju tanpa mencabut akar budaya. Sebab ini penting jangan sampai tercerabut akar budaya karena warga KAT yang diberdayaakan itu sudah tersentuh kemajuan teknologi, tetapi terkadang budaya lama ditinggalkan. Kita harus jaga budaya itu sebab kita takut generasi berikutnya dengan tidak menjaga budaya maka bisa saja hilang,” pesan pemilik album dangdut Anugrah dikeluarkan tahun 2004 ini.

Tetap fit saat berada di daerah pelosok, Rizal mau membagi tips. “Agar tetap fit saya mesti makan yang teratur, olahraga, tidur yang cukup, dan positif thinking (Berpikir positif). Paling penting jauhi narkoba dengan katakana Say No Drug,” kata Rizal yang pernah menjadi duta anti narkoba tahun 2007. sekaligus dinobatkan juga sebagai duta No Time Drug Anytime. Insya Allah saya tidak melakukan perbuatan yang kurang baik itu,” kata Rizal membocorkan pacarnya berasal dari orang biasa bukan artis. Sementara rencana menikah, Rizal menyatakan kemungkinan dalam waktu dekat ini. “Ya, sekarang sedang persiapan menuju ke sana (Menikah), dan calonnya orang biasa saja,” imbuhnya sambil tersenyum.

Setelah bicara suku KAT, Rizal juga memberitahukan aktifitasnya sekarang. Di sela-sela kesibukannya Rizal tetap melakukan rekaman album dangdut dengan beberapa single siap diedarkan ke pecinta musik Indonesia. “Saya masih rekaman album dan nanti akan merilis singel. Selain album saya sekarang sedang persiapan syuting film di Shanghai, dengan tema religi. Tapi judulnya masih secret (Rahasia, red) sebab masih dalam tahap produksi,” beritahu Rizal menilai membuat film layar lebar itu tidak gampang sebab lintas negara.

Untuk sinetron dibintangi Rizal berjudul “Seribu Hari Mencari Tuhan” dalam tahap syuting. Menjelang bulan Ramadhan 1431 Hijriah, Rizal mengatakan akan melaksanakan umrah ke tanah suci bersama keluarga yang memiliki travel perjalanan. “Setiap bulan Ramadhan saya bersama keluarga umrah ke tanah suci. Biasanya minggu kedua Ramadhan kami berangkat hingga mendekati lebaran,” tambah Rizal menutup obrolan. (*)


    ShoutMix chat widget