*Serta Loyalitas dan Moralitas

MUSI RAWAS-Bupati Musi Rawas (Mura), H Ridwan Mukti mengatakan bahwa seorang pejabat harus memiliki kompetensi, loyalitas dan moralitas. Hal ini disampaikan Ridwan Mukti ketika memberikan sambutan pada acara pelantikan pejabat struktural eselon II, III dan IV di Auditorium Pemkab Mura, Rabu (4/8).

“Tiga hal penting itu harus dimiliki oleh seorang pejabat. Ketiga hal itu harus berkesinambungan agar pejabat itu disegani masyarakat. Percuma kalau kompetensi hebat, loyalitas bagus namun tidak dibarengi dengan moralitas,” ungkap Ridwan Mukti.

Pada kesempatan itu, Bupati Mura melantik H Aidil Rusman menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Kabupaten Mura, yang menggantikan Zainal Ariffin karena memasuki masa pensiun. Selain itu bupati juga melantik 30 pejabat lainnya.


Tak hanya itu, Ridwan Mukti minta kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Mura untuk membangun pencitraan yang positif bagi masyarakat. Sebab, selama ini ia sering mendapat laporan dari masyarakat banyak pejabat yang tidak melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sehingga mengecewakan masyarakat.

“Saya minta bangun pencitraan yang positif. Untuk membangun daerah ini kita tidak bisa sendiri-sendiri. Oleh karena itu, kita harus membangun komunikasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan masyarakat. Satu hal yang paling penting, yakni membangun komunikasi dengan pemerintah daerah lain, Pemprov dan pemerintah pusat. Dari sana kita bisa bersikap profesional,” tegas Ridwan Mukti menambahkan, negara ini adalah negara demokrasi dan siapapun bisa mengkoreksi diri orang lain, termasuk pejabat di lingkungan Pemkab Mura.

Sebab, lanjut dia, ini merupakan suatu kewajaran demi perkembangan dan kemajuan pembangunan daerah ini. “Saya lebih suka dikritik secara kasar untuk pembelajaran dan kemajuan kita kedepannya. Kebetulan di sini ada DPRD Kabupaten Mura agar dapat menjalankan Tupoksi sebagai pengawasan terhadap kinerja eksekutif. Serta tetap memonitor untuk mencapai tujuan yang sama yakni mensejahterakan rakyat dan pembangunan di Kabupaten Mura,” ungkap Ridwan Mukti berpesan kepada pejabat supaya jangan takut apabila mendapat panggilan dari wakil rakyat di DPRD.
Disinggung mengenai mutasi, Ridwan Mukti menyatakan banyak pejabat telah memasuki masa pensiun.

“Bulan depan bakal ada mutasi secara terus menerus dan semua itu sudah dikoordinasikan dengan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kabupaten Mura. Karena jabatan ini merupakan amanah, maka dari itu kami minta tugas ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Satu hal lagi, para pejabat jangan memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi. Apalagi selalu beralaskan Dinas Luar (DL) padahal tidak berkaitan dengan pekerjaan,” tegasnya.

Bupati akan memantau kinerja pejabat ini selama enam bulan ke depan, apabila tidak terjadi perubahan, maka akan dilakukan perombakan kembali. “Lebih baik penilaian itu dari orang lain tujuannya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. Untuk itu kepada pejabat supaya bisa mencermati waktu yang digunakan. Jangan ‘aji mumpung’ karena kinerja kita diawasi oleh aturan yang berlaku,” ingat Ridwan. (07)


    ShoutMix chat widget