TERAWAS–Keributan yang terjadi antara tim pemenangan salah satu Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) STL Ulu Terawas, Sabtu (23/5), berbuntut panjang. Pasalnya Panwascam dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kosgoro, Kecamatan STL Ulu Terawas, saling tuding tidak netral terhadap salah satu pasangan calon.
Versi Ketua Panwascam STL Ulu Terawas, Fauzan, keributan tersebut berawal ketika dirinya bersama anggota Panwascam Terawas menerima laporan secara lisan dari Panitia Pemilihan Lapangan (PPL), bahwa telah terjadi pelanggaran pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Mura oleh Ketua PPS Desa Kosgoro, Yanto Saputra.
Fauzan menuding, Yanto telah melanggar Peraturan KPU Nomor 31 tahun 2008 pasal 12 tentang kode etik penyelenggaraan Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah.
"Yang namanya petugas itu harus netral dan tidak memihak kepada salah satu calon. Untuk itu, kami menganggap dia (Yanto, red) telah melanggar Peraturan KPU," ungkap Fauzan, kepada wartawan koran ini di Graha Pena Linggau (kantor Harian Pagi Linggau Pos, red), Minggu (23/5).
Sementara itu, ketika dimintai konfirmasinya, Yanto mengakui kalau dirinya diundang oleh salah satu kandidat Cabup-Cawabup nomor urut 3 dalam rangka silaturrahmi disalah satu rumah warga Desa Kosgoro bernama Sapran. Namun, dia enggan dikatakan kalau kehadirannya ke tempat itu untuk mendukung pasangan tersebut.
"Yang namanya diundang kita pasti datang, namanya juga silaturrahmi siapa pun boleh. Yang jelas tujuan saya datang ke rumah warga untuk menjalin tali silaturrahmi saja, bukan untuk yang lain," ungkapnya.
Mengenai tudingan Panwascam bahwa dirinya tidak netral dalam proses Pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Mura, Yanto balik mempertanyakan, salah satu dari anggota Panwascam Terawas justru memakai atribut dari salah satu Cabup lainnya.
"Kalau memang mereka netral, kenapa harus memakai atribut pasangan lainnya. Maunya kita, kalau memang mereka netral tidak usah memakai atribut tersebut," pungkas Yanto.(07)


    ShoutMix chat widget