Foto Agus/Linggau Pos
KLIK BYAR : Anggota Satlantas Polres Mura saat menggelar kegiatan 'Klik Byar' di Mapolres Mura, Jumat (7/5).








Dari Kegiatan ‘Klik Byar’ Polres Mura
Guna meningkatkan ketertiban berlalulintas dengan menyalakan lampu motor di siang hari (Light On), Satlantas Polres Musi Rawas (Mura) menggelar kegiatan ‘Klik Byar’. Acara ini dipusatkan di halaman belakang Mapolres Mura, Jumat (7/5). Berikut Laporannya.



Agus H Handoyo, Muara Beliti
PAGI sekitar pukul 07.30 WIB, suasana Mapolres Mura cukup ramai. Ratusan anggota polisi dan PNS memadati halaman belakang Mapolres. Mereka mengikuti kegiatan ‘Klik Byar’ yang dibuka Kapolres, AKBP Imam Sachroni bersama Wakapolres, Kompol Joni Getamala, Kasat Reskrim, AKP Maruly Pardede, AKP Syukur Kersana.
"Saya harapkan kegiatan ini terus disosialisasikan ke masyarakat, sebab menyalakan lampu siang, setidaknya dapat menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas)," kata Kapolres dihadapan anak buahnya.
Kapolres juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama PT Thamrin Brothers Lubuklinggau yang menservis kendaraan roda dua. "Sekali lagi, saya minta kegiatan ini jangan hanya dilaksanakan di lingkungan Mapolres saja, namun ke masyarakat. Bahkan jika perlu petugas mendatangi ke kantor-kantor dinas untuk mensosialisasikan light on," harap Kapolres.
Usai pembukaan kegiatan ‘Klik Byar’ oleh Kapolres, puluhan sepeda motor dinas anggota polisi berjejer di tenda warna putih Yamaha, seraya menunggu giliran untuk diservis gratis. Ketika wartawan koran ini mendekati, Kasat Lantas, AKP Syukur Kersana menyambut dengan ramah.
"Ini kegiatan ‘Klik Byar’ yang mana kendaraan sepeda motor saat distarter secara otomatis menyala," ungkap Kasat.
Kegiatan tersebut, lanjut dia, diikuti lebih kurang 100 peserta dari sepeda motor milik anggota polisi dan PNS. "Kami mengawali dari motor milik anggota Polri lebih dulu, lalu akan disosialisasikan ke masyarakat," kata Syukur, sapaan akrab Syukur Kersana.
Dengan menyalakan lampu di siang hari, sambung Kasat, menunjukkan pengendara telah mamatuhi peraturan lalulintas. "Ini salah satu program unggulan Dirlantas Polda Sumsel. Saya kira kegiatan di sini yang kedua setelah di Mapolda," ujarnya.
Keuntungan dan manfaat menyalakan sepeda motor pada siang hari cukup banyak. Setidaknya dapat mencegah terjadinya kecelakaan. "Kalau lampu menyala maka dari kejauhan akan terlihat bahwa ada sepeda motor, sehingga kendaraan yang berlawanan arah dapat berusaha menghindari terjadi kecelakaan," jelasnya. (*)


    ShoutMix chat widget