Foto Istimewa
RUSAK :
Kondisi Bus ALS yang mengalami kecelakaan setelah dievakuasi dari jurang di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 112, Desa Sungai Jauh, Kecamatan Rawas Ulu. Foto diabadikan, Senin (10/5).











RAWAS ULU–Karena ingin menghindari dari tabrakan dengan mobil truk diesel, bus ALS jurusan Jakarta–Medan yang dikemudikan Tuguan Rakuti (33), warga Medina, Tapanuli, Provinsi Sulawesi Selatan, masuk ke jurang sedalam lima meter. Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) itu terjadi Senin (10/5) sekitar pukul 05.30 WIB, di salah satu tikungan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 112, Desa Sungai Jauh, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas (Mura).
Akibat kejadian itu, seorang dari 17 penumpang bus, yakni Hallmon Yanto (43), warga Kabupaten Sawah Lunto, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tewas, dengan kondisi menderita luka lebam di kepala bagian kiri dan tangan kiri.

Korban menghembuskan nafas terakhirnya, sesaat setelah mendapat perawatan tim medis di RS Sarolangun Jambi. Sedangkan 16 penumpangnya luka-luka.
Ditemui wartawan koran ini di Mapolres Mura, sopir bus, Tuguan Rakuti di dampingi kernetnya, Ramlan (20) mengatakan sebelum kejadian, Tuguan Rakuti mengemudikan bus ALS jurusan Jakarta-Medan Nopol BK 7988 BJ bermuatan 17 penumpang, melaju dari Rupit menuju Jambi dengan kecepatan tinggi. Sesampainya di tikungan Jalinsum Desa Sungai Jauh, Tuguan membanting setir ke kiri untuk menghindari tabrakan dengan mobil Truk Diesel, dari arah berlawanan. "Saya menghindari tabrakan dengan mobil Truk yang mengambil badan jalan, tapi malah masuk jurang," jelasnya.
Tak pelak, mobil bus tersebut lepas kendali hingga menabrak besi pembatas jalan lalu masuk ke jurang sedalam lima meter. Akibatnya, 17 penumpang luka-luka. Beruntung, warga yang melintas di jalan itu segera memberikan pertolongan, sehingga korban dibawa ke RS Sarolangun Jambi, guna mendapat perawatan medis. Rupanya Tuhan berkehendak lain, Halmon Yanti menghembuskan nafas terakhir setelah mendapat perawatan. "Sebagian penumpang telah melanjutkan perjalanannya menuju Medan," ujarnya.
Selanjutnya, anggota unit laka Polres Mura dipimpin Ipda Beni Nofiza bersama beberapa anggota menuju ke lokasi kejadian. Setiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas membantu menarik mobil bus ke atas dan melakukan olah TKP.
Anggota TNI Tewas Lakalantas
SEMENTARA Itu, Serda Hengky Novriansyah (26), warga Jalan Durian Dalam, Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, tewas mengenaskan. Akibat sepeda motor Suzuki Kawasaki Ninja yang dikendarai anggota TNI Korem 042/GAPU Batalion 142/KJ Surolangun (jambi) ini terbalik.
Sedangkan rekannya, Serda Agung (25), harus menjalani perawatan tim medis di Rumah Sakit (RS) TNI Sarolangun Jambi, karena menderita patah tangan kanan dan luka lecet di kedua kaki. Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) itu terjadi Minggu (9/5) sekitar pukul 20.00 WIB di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di jembatan Desa Sungai Jauh, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Mura.
Informasi dihimpun wartawan koran ini menceritakan, lakalantas tersebut berawal Hengky membonceng Agung mengendarai sepeda motor Kawasaki Nopol BG 4068 MH, meluncur dari Lubuklinggau menuju Sarolangun Jambi, dengan kecepatan tinggi. Setiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), korban yang mengemudikan kendaraannya lepas kendali akibat jalan licin sehingga sepeda motornya terbalik. Tak pelak, Hengky dan Agung terpental membentur aspal.
Hengky tewas di tempat, dengan kondisi luka robek di bagian kepala belakang. Sedangkan rekannya, Agung mengalami patah tangan kanan dan luka lecet dikedua kaki. Secara bersamaan, anggota Polsek Terawas, Briptu Sandi yang melintas di TKP mengetahui kejadian tersebut, sehingga ia dibantu warga membawa Agung ke RS TNI Sarolangun Jambi dan menghubungi Unit Laka Polres Mura.
Tidak lama kemudian, petugas meluncur ke lokasi kejadian untuk olah TKP lalu mengamankan kendaraan korban. Kapolres Mura, AKBP Imam Sachroni melalui Kasat Lantas, AKP Syukur Kersana didampingi Kanit Laka, Ipda Beni Nofiza kepada wartawan koran ini membenarkan adanya dua kejadian lakalantas di Rawas Ulu.(08/mg02)


    ShoutMix chat widget