Image Hosting
Image Hosting






Pandangan Ki Dalang Budi Sulistiono Soal Pemilukada

Kembali seniman Jawa, Budi Sulistiono mengeluarkan pernyataan seputar pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas (Mura) akan diadakan 5 Juni 2010 mendatang. Ia menolak anggapan jika para seniman sudah memberikan dukungan pada salah satu kandidat. Berikut pernyataannya.


Budi Santoso,Musi Rawas
KALAU di Pulau Jawa cukup banyak dalang terkenal yang berkarisma hingga dikenal masyarakat luas, maka di Kabupaten Mura juga memiliki dalang tak kalah ngetop dengan dalang dari Pulau Sumatera. Dia adalah Budi Sulistiono yang sudah pernah menjadi juara pertama Festival Dalang se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diadakan di Kota Palembang, belum lama ini.


Selain sibuk mendalang pada berbagai event hingga ke tanah Jawa, ternyata Budi Sulistiono juga memiliki pandangan tentang politik khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Mura. Pria yang berpembawaan kale mini melakukan klarifikasi terkait pernyataan rekannya sesama pengurus Paguyuban Pencinta Seni Jawa-Mura, yang menyebutkan mendukung salah satu kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Mura. "Saya perlu melakukan klarifikasi agar persoalan ini tidak melebar jauh karena ada kesalahan pernyataan dilontarkan rekan saya yang menyebutkan mendukung salah satu kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilukada. Sewaktu wawancara sedang berlangsung saya tidak mendengar pernyataan rekan saya yang menyatakan mendukung salah satu kandidat calon, hingga akhirnya muncul di koran seolah-olah kami mendukung kandidat calon tersebut," kata Budi Sulistiono, Senin (12/4). Lelaki berperawakan tinggi ini meneruskan ia atas nama Paguyuban Seni Jawa-Mura minta maaf atas kekeliruan ini hingga tidak menimbulkan persepsi yang kurang baik di masyarakat atas kesimpangsiuran informasi tersebut.


Budi Sulistiono menegaskan pihaknya selaku Paguyuban seni Jawa-Mura memiliki kriteria tersendiri bagi calon Bupati dan Wabup akan maju pada Pemilukada mendatang. "Intinya untuk memilih siapa yang pantas menjadi Bupati dan Wabup Mura itu memang kandidat yang benar-benar menjadi harapan rakyat banyak. Bukan semata-semata ada hal tertentu membuat pilihan kami ini menjadi salah," papar Budi Sulistiono tanpa merinci lebih jauh ke arah mana dukungan akan diarahkan kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Mura yang bertarung pada Pemilukada mendatang.


Di lain tempat, Kasi Budaya Disbudpar Kabupaten Mura, Haman Santoso juga menyayangkan pernyataan dari seniman yang tergabung dalam Paguyuban seni Jawa-Mura. "Saya sudah membaca pernyataan oknum itu di media cetak, yang menyatakan dukungan pada salah satu kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Mura. Saya menilai ini ada pernyataan pribadi dari seniman yang tinggal di Kota Lubuklinggau atas salah satu calon Bupati dan Wabup," kata Haman Santoso menyayangkan sekali pernyataan oknum tadi.


Ia minta agar persoalan dukung mendukung ini tidak meluas kemana-mana, karena pihaknya sendiri berusaha netral dalam pelaksanaan Pemilukada tersebut karena berstatus PNS. Dan soal memberikan dukungan itu hak pribadi, tetapi jangan sampai membawa nama lembaga.(*)

Image and video hosting by TinyPic

    ShoutMix chat widget