Image Hosting
Image Hosting



MUSI RAWAS-Kabupaten Musi Rawas berhasil memecahkan dua rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) secara spektakuler.
Kedua prestasi yang dicatat dalam buku Muri itu adalah rekor gunungan durian yang mencapai ketinggian 10,16 meter dengan jumlah durian 21,215 buah. Kemudian rekor memakan durian terbanyak dengan jumlah peserta 6546 orang lebih.
“Kabupaten Musi Rawas mendapat empat piagam dari Muri, masing-masing diberikan kepada Bupati Musi Rawas, Ridwan Mukti sebagai pemrakarsa gunungan durian sekaligus makan durian dengan peserta terbanyak,” kata Kabag Humas Setda Musi Rawas, H Rudi Irawan, Kamis (10/12).
Dilanjutkannya, piagam lain yang diterima Kabupaten Musi Rawas adalah penghargaan memecahkan rekor Muri makan durian dengan peserta terbanyak dengan gunungan durian tertinggi.
Berhasilnya Musi Rawas memecahkan rekor Muri ini, tak lepas dari kinerja seluruh kepala SKPD yang turut membantu mendapatkan durian serta dukungan masyarakat Kecamatan Ulu Rawas karena menghadiri acara pemecahan rekor tersebut.
Sementara itu, tim penilai dari Muri, Ignasius Awan Rahargo membenarkan rekor baru kategori gundukan durian tertinggi, terbesar dan terbanyak sekaligus peserta makan durian terbanyak sudah terpecah.
“Dalam penilaiannya kami menghitung jumlah peserta yang ikut dan mengukur diameter gunungan durian,” jelasnya.
Sebelumnya, rekor ini dipegang Bank Indonesia (BI) pada 25 Maret 2007 lalu dengan gunungan durian setinggi 6 meter atau sekitar 5,287 buah. Sedangkan peserta yang ikut makan durian saat itu kurang dari 4000 orang.
Dikatakannya, pemecahan rekor ini merupakan prestasi cukup luar biasa dan mudah-mudahan dapat dipertahankan oleh Kabupaten Musi Rawas pada tahun-tahun mendatang.
“Semuanya akan dicatatkan pada Muri di Jln Perintis Kemerdekaan No. 275 Semarang,” pungkasnya.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Musi Rawas, HA Rachman Akhmad menjelaskan, pemecahan rekor makan buah durian ini merupakan bagian dari pembukaan Kejuaraan Arung Jeram tingkat nasional yang diselenggarakan pada 8-12 Desember 2009, dan baru dilaksanakan Kamis. (11/03)

Image and video hosting by TinyPic

    ShoutMix chat widget