ABG Tewas Dibacok di Kebun Karet

Kamis, 03 Desember 2009


RAWAT : Sarkowi (23) satu dari dua korban pembacokan yang selamat saat menjalani perawatan tim medis RS dr Sobirin, Rabu (2/12

KARANG JAYA-Warga Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas, Rabu (2/12) geger. Menyusul salah seorang warganya bernama, Ilahi (15), tewas mengenaskan dengan luka bacok serta luka tembak di bagian bahu kirinya. Peristiwa ini diduga dilakukan An Cs, warga Desa Embacang Baru dengan menggunakan parang dan kecepek.
Selain Ilahi, kakaknya Sarkowi (23), nyaris tewas dengan luka bacok di bagian leher dan kini menjalani perawatan tim medis RS dr Sobirin Musi Rawas.
Peristiwa dialami kakak beradik itu terjadi Rabu (2/12) sekitar pukul 10.00 WIB, di rompok semen Desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya namun baru dilaporkan sekitar 21.00 WIB ke Polsek setempat. Hingga berita naik cetak, belum diketahui secara persis motif pembunuhan tersebut, namun dugaan sementara pelaku diduga menuduh korban mencuri getah karet di kebunnya.
Informasi dihimpun wartawan koran ini menceritakan, Rabu (12/12) pagi sekitar pukul 08.00 WIB, Sarkowi bersama Ilahi pergi ke kebun untuk menyadap karet. Ketika asyik menyadap sekitar pukul 10.00 WIB, korban didatangi pelaku berinisial An Cs dengan membawa parang dan kecepek. Setelah mendekati, pelaku menebaskan parangnya ke leher bagian belakang Sarkowi. Tak pelak, korban tersungkur bersimbah darah.
Sementara adik korban, Ilahi melihat kejadian ini mencoba melarikan diri namun pelaku makin ganas hingga melepaskan peluru dalam senapan kecepeknya lalu melayangkan parang di bagian bahu kirinya.
Usai melancarkan aksinya, pelaku melarikan diri meninggalkan korban. Tidak lama kemudian, tetangga kebun korban yang kebetulan melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP) langsung membawa kedua korban ke Puskesmas Karang Jaya. Karena jarak kebun ke Puskesmas sangat jauh, korban baru tiba sekitar pukul 15.00 WIB.
Setiba di Puskesmas, korban Ilahi menghembuskan nafas terakhir sebelum mendapat perawatan tim medis. Sedangkan Sarkowi langsung dirujuk ke RS dr Sobirin Musi Rawas guna mendapatkan pengobatan tim medis.
Kapolres Musi Rawas AKBP Herry Nixon’s melalui Kapolsek Karang Jaya AKP Toni Siagian tadi malam membenarkan peristiwa tersebut. Dikatakan Toni, setelah menerima informasi dari warga, petugas langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku. “Kami datangi pelaku di rumahnya sudah tidak ada lagi,” ujar Kapolsek.
Ditambahkannya, pelaku diduga membacok dan menembak korban Ilahi hingga tewas karena hasil visum terdapat tanda luka tembak di salah satu bagian tubuhnya. “Motif pembunuhan itu, menurut keterangan pelapor bahwa pelaku menuduh korban mencuri getah karet, “ imbuh Toni. (10)
Orang Tua Korban Minta Sarkowi Tabah
Sementara itu, suasana duka menyelimuti kediaman Junaidi karena anaknya Ilahi harus meninggal diusia muda. Sedangkan Sarkowi harus menjalani perawatan tim medis RS dr Sobirin Musi Rawas karena mengalami luka bacok di leher bagian belakang. “Sudah lah, ini musibah dan jangan dipikirkan adikmu yang meninggal,” ucap orang tua korban, Junaidi saat melihat Sarkowi mendapatkan pengobatan tim medis di IGD.
Lanjut Junaidi, dia berharap kepada Sarkowi harus tabah menghadapi cobaan ini. “Sekarang sembuhkan dulu lukamu dan jangan terus memikirkan adikmu,” sarannya lagi.
Hal sama diungkapkan, M Soli, salah seorang kerabat korban bahwa dirinya sangat sedih adanya peristiwa tersebut. Dia menilai kedua korban berperilaku baik dan tidak pernah neko-neko untuk berbuat kejahatan. “Korban dak tek masalah dengan tetangga atau orang lain. Kato keluargo, cuma ado hal, mungkin korban galak ngulang emas sehingga didatangi pelaku,” jelasnya. (10)


    ShoutMix chat widget